Hartanto, M.Saeful (2015) PENGARUH MUTU PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH DI BMT Al IJTIHAD PABELAN. Other thesis, IAIN Salatiga.
Text
M.Saeful.H.21311034.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan nasabah pada BMT Al Ijtihad Pabelan. Setelah mengetahui telaah pustaka terkait, dalam penelitian ini ditetapkan dimensi kualitas pelayanan yang diduga kuat mempengaruhi kepuasan nasabah yaitu kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan kepedulian (empathy) serta sarana fisik (tangible). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, kuesioner, dan studi kepustakaan dengan metode penentuan sampel dilakukan secara acak berdasarkan rumus slovin sebanyak 100 sampel. Metode analisis yang digunakan meliputi: uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji f dan uji t, serta analisis koefisien determinasi (R2). Hasil analisis data dengan menggunakan Uji t menunjukkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan dari segi kehandalan (X1), daya tanggap (X2), jaminan (X3), serta empati (X4) menunjukkan bahwa kelima variabel tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa dimensi kualitas layanan yaitu kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati serta variabel sarana fisik secara simultan berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah sebesar 0,322 atau sebesar 32,2%, sedangkan sisanya 76,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, seperti promosi, kualitas produk, manjemen dan lain-lain.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1) |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 31 May 2016 07:22 |
Last Modified: | 31 May 2016 07:22 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/816 |
Actions (login required)
View Item |