Firdausi, Luzarrit (2020) PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM RANAH AFEKTIF (SEPPA) BERBASIS WEBSITE TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
TESIS-LUZARRIT FIRDAUSI-12010170013.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Firdausi, Luzarrit. 2020. Pengembangan Aplikasi Sistem Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Ranah Afektif (SEPPA) Berbasis Website Tingkat Madrasah Tsanawiyah. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kondisi nyata dan tingkat analiasis kebutuhan evaluasi pembelajaran PAI ranah afektif yang terjadi di lingkungan Madrasah Tsanawiyah saat ini; (2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan aplikasi SEPPA bagi guru di tingkat Madrasah Tsanawiyah; dan (3) untuk mengetahui efektifitas pengembangan aplikasi SEPPA terhadap kompetensi peadagogik guru. Metode penelitian ini adalah Research and Development dengan subjek penelitian guru pada Madrasah Tsanawiyah. Adapun tahapan dari R&D ini sebagai berikut: (1) studi pendahuluan; (2) pengembangan aplikasi; (3) pengujian produk. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru tingkat Madrasah Tsanawiyah. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) studi pendahuluan yang berisi tentang kondisi nyata, hasil wawancara dengan guru mengenai penggunaan aplikasi sistem evaluasi yang sudah ada, hasil dari needs assessment berupa hasil pengisian angket yang menunjukkan rata-rata nilai 3,32 (sangat butuh); 2) (a) hasil uji validasi aplikasi SEPPA ini untuk ahli teknologi diuji berdasarkan kaidah media, tata laksana, dan kaidah software memperoleh rata-rata nilai 2,92 (layak) untuk digunakan; penilaian pakar pendidikan/materi dinilai berdasarkan relevansi media dengan mendapatkan nilai 3,25 (sangat layak); (b) uji coba produk dilaksanakan 3 kali uji coba, yaitu: uji coba perorangan dengan 6 guru dengan skor 3,48; uji coba kelompok dilakukan dengan 15 guru memperoleh rerata skor 3,52; uji coba diperluas dilaksanakan oleh 30 guru dan memperoleh rata-rata skor 3,55; serta (3) uji efektifitas terhadap aplikasi SEPPA berbasis Website dengan uji t 4,788 maka dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi Sistem Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Ranah Afektif (SEPPA) berbasis Website efektif digunakan untuk evaluasi pembelajaran. Kata Kunci: aplikasi, evaluasi pembelajaran PAI, afektif, Website
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? PASCA-PAI ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 17 Jun 2020 10:05 |
Last Modified: | 17 Jun 2020 10:05 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8299 |
Actions (login required)
View Item |