MUSTOFA, M LABIB (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEPRIBADIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-MANAR BENER TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI MUHAMMAD LABIB MUSTOFA_PAI_23010160061.pdf Download (4MB) |
Abstract
Muhammad Labib Mustofa. 2020. Implementasi pendidikan kepribadian santri di Pondok Pesantren Al-Manar Bener Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sya'ban Maghfur, M.Pd.I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secara empiris mengenai pendidikan kepribadian santri khususnya pada pondok pesantren Al-Manar Bener Tengaran Kabupaten Semarang. Bagaimana model pendidikan kepribadian santri, apa saja nilai-nilai kepribadian yang ditanamkan di Pondok Pesantren Al-Manar Bener Tengaran Kab. Semarang, apa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendidikan kepribadian di Pondok Pesantren Al-Manar Bener Tengaran Kab. Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data primer adalah Pengasuh, Pengurus dan Santri, sumber sekundernya adalah catatan data hasil penelitian yang telah dilakukan. Adapun teknis analisis data menggunakan metode analisis deskriptif yang meliputi reduksi data, display data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Temuan dari penelian ini yaitu, model pendidikan kepribadian santri yang diterapkan di pondok pesantren Al-Manar yaitu (1) Melaksanakan pendidikan dengan system boarding school / asrama dengan tujuan agar santri mudah dibina dan dididik, (2) Memberikan keteladanan dalam mendidik yang dimulai dari keteladanan guru artinya guru sebagai suri tauladan bagi santri dalam berbuat dan bertindak, (3) Membiasakan santri dengan kegiatan-kegiatan didalam pesantren artinya santri dilatih untuk membiasakan mengikuti kegiatan pondok pesantren seprti shalat berjamaah, shalat sunah, puasa dan tadarus, (4) Memberikan Reward dan Punishment artinya pondok pesantren member apresiasi atau penghargaan bagi santri yang berprestasi akan terbebas dari biaya syariah/SPP Nilai-nilai pendidikan kepribadian yang ditanamkan di Pondok Pesantren Al-Manar meliputi (1) Nilai Kemandirian artinya pondok pesantren mebiasakan santri untuk hidup mandiri dalam menjalankan kegiatan (2) Nilai disiplin dan tanggung jawab artinya santri dididik untuk disiplin dalam memenage waktu dan tanggungjawab dengan tugas sebagai pelajar (3) Nilai kebersamaan dan kesederhanaan artinya setiap santri dididik agar menjadi pribadi yang sederhana dalam urusan duniawi. Namun dalam pendidikan kepribadian santri terdapat faktor pendukung dan hambatan. Faktor pendukung dalam penerapan pendidikan kepribadian santri di Pondok Pesantren Al-Manar meliputi (1) Peran aktif dan keteladanan yang diberikan oleh pengasuh, guru dan pengurus pondok, (2) Dukungan dan Support yang diberikan oleh keluarga besar pengasuh, wali santri dan masyarakat, (3) Kurikulum yang diterapkan di pesantren (4) Letak pesantren yang strategis (5) Sarana dan Prasarana yang memadahi. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi (1) Kurangnya semangat dan antusias santri dalam mengikuti kegiatan di pesantren, (2) Sarana dan prasarana yang tidak dijaga dengan baik.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 17 Jun 2020 11:09 |
Last Modified: | 18 Jun 2020 00:08 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8300 |
Actions (login required)
View Item |