M.Zakirochman, (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI ILMU TAJWID DENGAN METODE PEER LESSON PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM SARBINI GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2019-2020. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI ZAKI plus.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Rochman, Muhammad Zaki. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Ilmu Tajwid Dengan Metode Peer Lesson Pada Siswa Kelas VII Smp Islam Sarbini Grabag Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2019-2020. Pembimbing Ibu Siti Rukhayati, M.Ag. Kata Kunci : Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam . Metode Peer Lesson Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar PAI materi tajwid pada siswa kelas VII SMP Islam Sarbini Grabag Kabupaten Mageelang. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah metode Peer Lesson dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi ilmu tajwid pada siswa kelas VII SMP Islam Sarbini Grabag Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2019/2020? Penelitian ini adalah penelitian PTK, dilaksanakan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Peer Lesson dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi ilmu tajwid pada siswa kelas VII SMP Islam Sarbini Grabag Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan pra siklus, dengan 14 siswa atau 43,75%, siklus I dengan ketuntasan 19 siswa atau 59,38%, dan siklus II dengan ketuntasan 28 siswa atau 87,5%. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan ketuntasan siswa yaitu meningkat 9 siswa atau 28,12% .
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama > Alqur'an |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Jun 2020 12:23 |
Last Modified: | 23 Jun 2020 06:26 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8332 |
Actions (login required)
View Item |