SHOLEKAH, ANIS WAHDATI (2020) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]
Text
Anis (23060160068) REVISI SKRIPSI MUNAQOSAH.pdf Download (9MB) |
|
Text
SKRIPSI Anis (23060160068).pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar IPA kelas VII-H di SMPN 9 Salatiga. Berdasarkan observasi dan wawancara salah satu penyebab rendahnya motivasi dapat dilihat ketika proses pembelajaran seperti siswa yang mengantuk, mencoret-coret buku bahkan kebingungan saat ditanya cita-citanya sehingga rendahnya motivasi dapat mempengaruhi hasil belajar. Hasil belajar rendah dengan melihat hasil evaluasi semester I nilai rata-rata siswa kelas VII-H 35,10 dengan KKM 76. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peningkatan motivasi menggunakan model PjBL materi pencemaran lingkungan pada siswa kelas VII-H SMPN 9 Salatiga tahun pelajaran 2019/2020? dan Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA menggunakan model PjBL materi pencemaran lingkungan pada siswa kelas VII-H SMPN 9 Salatiga tahun pelajaran 2019/2020? Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII-H SMPN 9 Salatiga dengan jumlah 29 siswa yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes, wawancara dan dokumentasi pada pembelajaran pencemaran lingkungan melalui model PjBL. Proses pembelajaran menggunakan model PjBL memiliki 6 tahap yaitu mulai pertanyaan mendasar, merancang perancanaaan proyek, menyusun jadwal, memantau kemajuan proyek, penilaian, dan mengevaluasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA materi pencemaran lingkungan pada siswa kelas VII-H SMP Negeri 9 Salatiga tahun pelajaran 2019/2020. Keberhasilan penelitian ini dapat ditunjukan melalui angket motivasi dan tes evaluasi yang diperoleh setiap siklusnya. Motivasi belajar kategori tinggi yaitu ?50 dan standar KKM mata pelajaran IPA yaitu 76 dengan pencapaian klasikal 85% untuk hasil belajar. Peningkatan ini dapat dilihat dari siklus I motivasi belajar siswa dengan rata-rata 41,31% dan meningkat pada siklus II menjadi 69,34%. Sedangkan peningkatan hasil belajar IPA pada siklus I 27,6% dan meningkat pada siklus II menjadi 89,7% yang tuntas. Sehingga model PjBL dapat memenuhi target pencapaian dan dapat dikatakan berhasil.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? IPA ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Jun 2020 12:23 |
Last Modified: | 19 Jun 2020 02:57 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8333 |
Actions (login required)
View Item |