Permana, Tio Rizki (2015) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) PADA PERUSAHAAN YANG MASUK DALAM INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) TAHUN 2012-2013. Other thesis, IAIN Salatiga.
Text
Tio.Rizki.21310008.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, umur perusahaan, ukuran dewan komisaris dan proporsi komisaris independen terhadap tingkat pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada perusahaan yang terdaftar dalam Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Tahun 2012-2013. Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian yang telah dilakukan oleh Putri (2014). Namun, variabel independen yang digunakan Putri (2014) yaitu surat berharga syariah tidak digunakan dalam penelitian ini, dan menambah variabel umur perusahaan, ukuran dewan komisaris dan proporsi komisaris independen seta variabel dummy tahun sebagai pembeda penelitian ini. Data penelitian ini adalah data sekunder berbentuk laporan keuangan (annual report) yang diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) di www.idx.com. Dengan menggunakan indeks Islamic Social Reporting (ISR) milik Othman (2009) yang berjumlah 46 item pengungkapan yang terbagi menjadi 6 tema untuk mengukur indeks ISR yang dilihat dari laporan tahunan perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan yang terdaftar dalam Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2012-2013 berturut-turut sejumlah 324 perusahaan. Sampel dipilih dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel penelitian ini adalah 162 perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda (Multiple Regression) dengan bantuan program komputer SPSS Versi 20. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor Ukuran Perusahaan (SIZE), Profitabilitas (ROA), Umur Perusahaan dan Ukuran Dewan Komisaris berpengaruh signifikan terhadap Islamic Social Reporting (ISR). Sedangkan Proporsi Komisaris Independen (PKI) tidak mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap Islamic Social Reporting (ISR).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1) |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 07 Jun 2016 08:16 |
Last Modified: | 07 Jun 2016 08:16 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/835 |
Actions (login required)
View Item |