Khomsatun, Azizah (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ALAT PENCERNAAN MANUSIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS V MI TARBIYATUL ISLAMIYAH NOBOREJO KECAMATAN ARGOMULYO SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI AZIZAH KHOMSATUN (REVISI).pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Khomsatun, Azizah. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Alat Pencernaan Manusia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Puzzle Pada Siswa Kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Kecamatan Argomulyo Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Teams Games Tournament dan media Puzzle Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Kecamatan Argomulyo Salatiga dengan nilai rata-rata kelas yaitu 64,32. Secara klasikal juga belum mencapai Kriteria Ketuntasan Klasikal yang ditetapkan yaitu ?85% dibuktikan dengan hasil pra siklus bahwa siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa dari 22 siswa dengan persentase 41%. Hal ini dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang belum maksimal. Guru sering menjelaskan materi dengan ceramah dan bernyanyi. Akibatnya siswa tidak tertarik untuk belajar, dan antusias belajar siswa rendah. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Apakah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan media Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Alat Pencernaan Manusia pada siswa kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Kecamatan Argomulyo Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi Alat Pencernaan Manusia melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan media Puzzle pada siswa Kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Kecamatan Argomulyo Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Kecamatan Argomulyo Salatiga yang terdiri dari 22 siswa yaitu 11 laki-laki dan 11 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan media Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi alat pencernaan manusia pada siswa kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Kecamatan Argomulyo Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil tes pada siklus I dan siklus II yang menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan secara klasikal. Siklus I sebesar 71,14 dengan ketuntasan sebesar 64% (14 siswa) yang mencapai nilai ?70 (nilai KKM). Siklus II sebesar 80,23 dengan ketuntasan klasikal 86% (19 siswa) yang mencapai nilai ?70 (nilai KKM).
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Jun 2020 20:15 |
Last Modified: | 19 Jun 2020 13:32 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8385 |
Actions (login required)
View Item |