PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI CARA PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN MELALUI METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BANYUROTO 1 KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Amalia, Ummu Aska (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI CARA PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN MELALUI METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BANYUROTO 1 KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI UMMU AZKA AMALIA.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Amalia, Ummu Azka. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan Melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Media Ular Tangga Pada Siswa Kelas III SD Negeri Banyuroto 1 Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2019/2020.Skripsi.Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Kata Kunci: Hasil belajar IPA, Pekembangbiakan Hewan dan Tumbuhan, metode demonstrasi, media ular tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode demonstrasi dan media ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan Pada Siswa Kelas III SD Negeri Banyuroto 1 Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. Jika penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Banyuroto 1 Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. Dengan jumlah siswa 30 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Instrumen penelitian ini berupa lembar pengamatan, soal tes, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Secara analisis data dilakukan dengan cara membandingkan pencapaian nilai hasil belajar setiap siklus dengan ditandai hasil peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Dan secara statistik menggunakan rumus presentase, apabila ? 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dan media ular tangga mampu meningkatkan hasil belajar IPA materi Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan pada Siswa Kelas III SD Negeri Banyuroto 1 Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2019/2020. Dapat dilihat dari hasil pra siklus bahwa siswa yang tuntas KKM hanya 10 siswa (33,3%), sedangkan ada 20 siswa (66,7%) yang belum tuntas. Selanjutnya pada siklus I terdapat 15 siswa (50%) yang tuntas dan 15 siswa (50%) yang belum tuntas. Kemudian pada siklus II terdapat 26 siswa (86,7%) yang tuntas dan terdapat 4 siswa (13,3%) yang belum tuntas. Dari peningkatan hasil belajar tersebut penelitian tindakan kelas ini di hentikan di siklus II karena telah mencapai kriteria dan dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan pada Siswa Kelas III SD Negeri Banyuroto 1 Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2020 21:01
Last Modified: 21 Jun 2020 14:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8408

Actions (login required)

View Item View Item