PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA GUCI AJAIB PADA SISWA KELAS VI SEMESTER I (SATU) MI ISLAMIYAH KAUMAN KIDUL KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ZAHRO, LAELATUL (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA GUCI AJAIB PADA SISWA KELAS VI SEMESTER I (SATU) MI ISLAMIYAH KAUMAN KIDUL KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI_LAELATUL_ZAHRO[1].pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_LAELATUL_ZAHRO[1].pdf

Download (4MB)

Abstract

Zahro, Laelatul. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Model Teams Games Tournament dengan Media Guci Ajaib Pada Siswa Kelas VI Semester I (satu) MI Islamiyah Kauman Kidul Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Sutrisna, S.Ag.,M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Teams Games Tournament (TGT) dan Guci Ajaib Rendahnya hasil belajar siswa diduga karena materi sulit dipahami dan guru menggunakan metode yang monoton. Hal ini menyebabkan siswa cenderung pasif dan kurangnya perhatian terhadap materi yang disampaikan oleh guru terutama mata pelajaran matematika materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Seiring berkembangnya zaman, model dan media pembelajaranpun semakin banyak dan bervariasi, contohnya Model Teams Games Tournament dan media Guci Ajaib. Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalah penelitian ini adalah: Apakah penerapan model pembelajaran teams games tournament dan media guci ajaib dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi Operasi Penjumalahan dan pengurangan Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas Siswa Kelas VI Semester I (satu) MI Islamiyah Kauman Kidul Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu Siklus I dan Sikls II. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 26 siswa meliputi 16 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Instrumen penilaian meliputi RPP, lembar observasi guru dan siswa, dan tes evaluasi. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ? 85% peserta didik telah tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament dan Media Pembelajaran Guci Ajaib dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi Operasi Penjumalahan dan pengurangan Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas Siswa Kelas VI Semester I (satu) MI Islamiyah Kauman Kidul Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Adapun kritetia ketuntasa minimal (KKM) adalah 65. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari pra-siklus ke Siklus I 23,07% dan Siklus I ke Siklus II 38,46%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada pra-siklus adalah 30,77% siswa tuntas belajar dengan nilai rata-rata 54,61. Pada Siklus I sebesar 53,84% siswa tuntas belajar dengan nilai rata-rata 64,61 dan Siklus II 92,30% siswa tuntas belajar dengan nilai rata-rata 78,46.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2020 09:35
Last Modified: 23 Jun 2020 08:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8484

Actions (login required)

View Item View Item