IMPLEMENTASI PROGRAM KORPS PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA PUTRI DALAM PENDIDIKAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SALATIGA TAHUN AKADEMIK 2019/2020 SKRIPSI

Koniah, Siti (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM KORPS PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA PUTRI DALAM PENDIDIKAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SALATIGA TAHUN AKADEMIK 2019/2020 SKRIPSI. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI KONIK SELESAI211.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Koniah, Siti. 2020. Implementasi Program Korps Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Putri dalam Pendidikan Pemberdayaan Perempuan di Institut Agama Islam Negeri Salatiga Tahun Akademik 2019/2020. Skripsi. Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Muna Erawati, M.Si. Kata Kunci: Program KOPRI, Pendidikan, Pemberdayaan Perempuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program KOPRI dalam pendidikan pemberdayaan perempuan di IAIN Salatiga. Pertanyaan yang ingin dijawab dari penelitian ini adalah: bagaimana pelaksanaan program kegiatan Korps Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Putri dalam pendidikan pemberdayaan perempuan di Institut Agama Islam Negeri Salatiga tahun akademik 2019/2020?, dan bagaimana implementasi program Korps Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Putri dalam pendidikan pemberdayaan perempuan di Institut Agama Islam Negeri Salatiga tahun akademik 2019/2020? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, informan penelitian ini adalah ketua, pengurus per divisi, anggota, dan alumni KOPRI PMII Cabang Kota Salatiga dengan jumlah 11 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan penghimpunan data, klasifikasi data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Kegiatan KOPRI memberikan penyadaran, akses, partisipasi, kesejahteraan, dan penguasaan diri kepada anggota-anggotanya. Hal ini dibuktikan dengan beberapa mahasiswi mampu membuka usaha sendiri, mahasiswi mampu berbicara didepan umum, mampu bekerjasama dengan baik dalam satu organisasi, mampu menjadi tutor kajian dan pesantren kilat disekolah-sekolah, dan mampu mengaktualisasikan dirinya dan bergerak sesuai keinginannya tanpa takut didiskriminasi oleh masyarakat. (2) KOPRI telah mengimplementasikan programnya dalam pendidikan pemberdayaan perempuan melalui beberapa kegiatan diantaranya: Bidang pendidikan, kegiatan tanya jawab dan diskusi dari materi dalam kegiatan SIG dan SKK. Menjadi tutor kajian dan pesantren kilat. Bidang ekonomi, Memberikan pelatihan-pelatihan membuat kerajinan sebagai modal untuk berwirausaha, dan mengelola sebuah catering agar mengetahui bagaimana cara menjalankan sebuah usaha. Bidang sosial budaya, ikut serta dalam kegiatan bermasyarakat seperti santunan anak yatim, menjadi tutor dalam kegiatan pesantren kilat dan kajian di sekolah-sekolah. Ikut serta dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah setempat. Bidang politik, dalam bidang politik, Bekerjasama dengan KESBANGPOL untuk memberikan sosialisasi mengenai politik, serta ikut serta dalam kontestasi partai politik di kampus.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2020 15:03
Last Modified: 23 Jun 2020 14:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8526

Actions (login required)

View Item View Item