KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI TEKANAN ZAT DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI – HARI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BRINGIN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ANGESTI, DANA NINGGAR (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI TEKANAN ZAT DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI – HARI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BRINGIN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Dara Ninggar A (T IPA).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Skripsi Dara Ninggar A (T IPA).pdf

Download (5MB)

Abstract

Angesti, Dara Ninggar. 2020. Keefektifan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar IPA Materi Tekanan Zat Dan Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari – hari Pada Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Bingin Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Wulan Izzatul Himmah, M. Pd. Kata Kunci: Keefektifan; inkuiri terbimbing; sikap ilmiah; hasil belajar IPA; tekanan zat cair Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA materi tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari – hari pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Bringin Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen semu dengan desain penelitian berupa Pretest – Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII D sebagai kelas kontrol dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi sikap ilmiah dan soal tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji t-test dan uji N-Gain dengan menggunakan bantuan program SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) sikap ilmiah peserta didik kelas eksperimen sebesar 62,5% dengan predikat baik dan 37,5 % dengan predikat cukup lebih dari sikap ilmiah peserta didik kelas kontrol sebesar 18,75% dengan predikat baik dan 81,25% mendapatkan predikat cukup. (2) hasil uji One Sample t Test rata – rata peserta didik yang mendapat pembelajaran inkuiri terbimbing telah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu sebesar 80,47, (3) hasil uji Independent Sample t Test diperoleh nilai signifikansi 0,006, (4) rata – rata skor N-Gain hasil belajar peserta didik kelas eksperimen sebesar 0,46 lebih dari rata – rata peserta didik kelas kontrol sebesar 0,21. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif ditinjau dari sikap ilmiah dan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Bringin Tahun Pelajaran 2019/2020 pada materi tekanan zat cair.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2020 18:21
Last Modified: 25 Jun 2020 07:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8530

Actions (login required)

View Item View Item