PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANAJENIS TUASMENGGUNAKANALAT PERAGAPADA SISWA KELAS V (LIMA)SD NEGERI2 URUTSEWU, DUKUH CENGKALSEWU,DESA URUTSEWU, KECAMATAN AMPEL,KABUPATENBOYOLALI TAHUN 2014/2015

Rohaeni, Lina (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANAJENIS TUASMENGGUNAKANALAT PERAGAPADA SISWA KELAS V (LIMA)SD NEGERI2 URUTSEWU, DUKUH CENGKALSEWU,DESA URUTSEWU, KECAMATAN AMPEL,KABUPATENBOYOLALI TAHUN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
Lina Rohaeni 11510025.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa SDN 2 Urutsewu saat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya variasi metode yang digunakan oleh guru saat pembelajaran. Metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran adalah metode konvensional yaitu ceramah. Masalah yang dikaji adalah bagaimana peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi Pesawat Sederhana Jenis Tuas menggunakan metode demonstrasi dan alat peraga pada siswa kelas V SDN 2 Urutsewu, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali tahun 2015? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode demonstrasi dan alat peraga melalui pendekatan. Data dalam penelitian ini diambil dengan metode observasi atau melihat perilaku guru. Serta metode dokumentasi berupa nilai evaluasi siswa. Data dianalisis secara kuantitatif berupa angka. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga kali siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pelaksanaan tindakan kelas ini berhasil meningkatkan prestasi belajar siswa Ilmu Pengetahuan Alam. Hasil belajar pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa yakni 76,60 dengan siswa tuntas adalah 24 siswa atau 85,71% siswa. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa yakni 82,32 dengan siswa tuntas adalah 25 siswa atau 89,28% siswa. Pada siklus III diperoleh nilai rata-rata siswa yakni 84,21 dengan siswa tuntas adalah 26 siswa atau 92,85% siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti merekomendasikan model pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dan alat peraga menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Aug 2016 01:53
Last Modified: 18 Aug 2016 01:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/856

Actions (login required)

View Item View Item