PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH SWT MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII A SEMESTER 1 DI MTs YAKTI TEGALREJO KEC. TEGALREJO KAB. MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Kumalasari, Lia Ratna (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH SWT MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII A SEMESTER 1 DI MTs YAKTI TEGALREJO KEC. TEGALREJO KAB. MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
skripsi lia new-dikonversi.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kumalasari, Lia Ratna. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak Materi Iman Kepada Kitab-Kitab Allah SWT Menggunakan Metode Pembelajaran KonstekstualDengan Media Audio VisualPada siswa Kelas VIII A Semester 1 di MTs Yakti Tegalrejo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Sutrisna. Kata Kunci:Peningkatan, hasil Belajar, Metode Pembelajaran, dan Media Audio visual. Penelitian ini didasarkan atas permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Akidah Akhlak, dan secara umum penelitian ini adalah “Apakah penggunaan metode pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak materi Iman Kepada Kitab-Kitab Allah SWT pada siswa kelas VIII A di MTs Yakti Tegalrejo Kec. Tegalrejo Kab. Magelang tahun pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan menggunakan metode pembelajaran konstekstual dengan media Media Audio Visual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Yakti Tegalrejo yang berjumlah 40 siswa meliputi laki-laki 28 dan 18 siswi perempuan. Instrumen penelitian meliputi RPP, lembar observasi guru dan siswa, serta soal tes. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran konstekstual dengan Media Audio Visua dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II adalah 20%. Dapat diperoleh ketuntasan belajar siswa pada siklus I 68% dan pada siklus II 88%. Dan untuk siswa yang belum tuntas belajar pada siklus II akan diberi tindakan mandiri dari guru berupa remidial. Diharapkan hasil belajar siswa dapat tuntas semua.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2020 10:38
Last Modified: 25 Jun 2020 10:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8608

Actions (login required)

View Item View Item