Abrianto, Andi Moh. (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN PENDEKATAN BUDAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SALATIGA PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT TAHUN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
SKRIPSI - ANDI MOH ABRIANTO.pdf Download (6MB) |
Abstract
Abrianto, Andi Moh. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia dengan Pendekatan Budaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Salatiga pada Materi Bangun Datar Segiempat Tahun 2019/2020. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Tadris Matematika. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Saiful Marom, M.Sc. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Adobe Flash Professional CS6, dan Pendekatan Budaya. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran matematika berbasis multimedia dengan pendekatan budaya pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Salatiga pada materi bangun datar segiempat. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap utama, yaitu tahap Analysis (A), Design (D), Development (D), Implementation (I), Evaluation (E). Tahap Analysis meliputi identifikasi permasalahan di lapangan, tahap Design meliputi merancang materi dan media, tahap Development meliputi tahap pembuatan produk, tahap Implementation meliputi tahap pengujian produk kepada validasi ahli materi, ahli media, dan uji coba terbatas pada siswa, dan terakhir adalah tahap evaluasi yang meliputi analisis kualitatif deskriptif. Tahap penelitian ini terbatas pada tahap implementasi dengan uji terbatas, belum sampai pada tahap evaluasi dengan uji skala luas. Hasil analisis media pembelajaran matematika berbasis multimedia menggunakan Adobe Flash CS6 dengan pendekatan budaya pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Salatiga materi bangun datar segiempat secara keseluruhan berdasarkan akumulasi penilaian dari Ahli Materi, Ahli Media, dan Siswa diperoleh hasil sangat baik, dimana Ahli Media mendapatkan skor rata-rata 4,25, Ahli Materi mendapatkan skor rata-rata 4,45, dan siswa mendapatkan skor rata-rata sebesar 4,45. Sehingga secara keseluruhan total skor yang didapatkan rata-rata dari media yang dikembangkan adalah sebesar 4,38 atau dikategorikan Sangat Baik. Selain itu berdasarkan hasil uji paired t test didapatkan nilai signifikan kurang dari 0,05 dengan nilai t test 4,875 > t tabel 2,048 yang berarti terdapat nilai signifikan terhadap hasil belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Jun 2020 10:32 |
Last Modified: | 26 Jun 2020 10:32 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8681 |
Actions (login required)
View Item |