MAHENDRA, BENNY PUTRA (2020) GURU IDEAL MENURUT IMAM AL GHAZALI DAN SYEKH AZ-ZARNUJI SERTA KRITIK TERHADAP KONDISI GURU SAAT MENGAJAR. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui (1) Guru Ideal dalam pandangan Imam Al-Ghazali dan Imam Az-Zarnuji dengan mengkaji kitab Ihya’ Ulumuddin dan Ta’liimul Muta’alim. (2) Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemikiran keduanya dalam pendidikan (3) Mengindentifikasi Kritik dan memberikan solusi terkait dengan kondisi guru saat mengajar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan melakukan pengamatan literasi teks. Sumber data yang diperoleh yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui teknik dokumentasi dan penelitian pustaka. Teknis analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif. Deskriptif analitis cara mereduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Permasalahan yang dibahas meliputi Kritik, Solusi guru saat mengajar, dan Guru Ideal dalam pandangan Imam Al-Ghazali dan Imam Az-Zarnuji, Hasil penelitian menunjukkan (1) kompetensi guru yang rendah dalam mengajar sehingga perlu memperkuat karakteristik guru dengan beberapa pelatihan dan penguatan motivasi mengajar sesuai p[endapat Al-Ghazali dan Az-Zarnuji. (2) Pemikiran Al-Ghazali dan Az-Zarnuji banyak dipengaruhi Tasawuf serta Ilmu yang harus selalu bersanding dengan Amal. (3) Kritik yang muncul adalah guru yang kurang memahami peran sebagai pendidik, Semangat mengajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, dan Guru adalah Profesi bukan hanya pekerjaan. Solusi yang muncul adalah dengan memaksimalkan peran supervisor dalam permasalah tersebut.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 01 Jul 2020 08:56 |
Last Modified: | 01 Jul 2020 08:56 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8768 |
Actions (login required)
View Item |