Bahroni,M.Pd, Drs. (2020) Executive Summary PENELITIAN DASAR PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP AL-QUR’AN SURAH LUQMAN AYAT 13 – 19 DALAM PENDIDIKAN MENURUT MAHASISWA IAIN SALATIGA TAHUN 2019.
Text
BAHRONI, EXECUTIVE SUMMARY PENEL 2019.pdf Download (206kB) |
Abstract
ABSTRAK Bahroni. 2019. Implementasi Prinsip-Prinsip Al-Qur’an Surah Luqman Ayat 13- 19 dalam Pendidikan Menurut Mahasiswa IAIN Salatiga Tahun 2019 Kata kunci: implementasi, al-Quran, pendidikan Secara singkat, pendidikan diartikan sebagai suatu proses untuk memanusiakan manusia. Pendidikan merupakan suatu proses berkesinambungan. Proses pendidikan berarti menumbuhkembangkan eksistensi manusia, yakni eksistensi manusia yang memasyarakat. Inti dari kehidupan bermasyarakat adalah nilai-nilai. Nilai-nilai tersebut perlu dipahami, dihayati, diamalkan, dan dilestarikan oleh seluruh anggota masyarakatnya. Hal ini sesuai dengan fungsi utama pendidikan yaitu untuk menjaga kelestarian nilai-nilai Ilahi/insani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi prinsip tauhid, birru al-walidain, kejujuran, ibadah sholat, amar ma’ruf nahi munkar, kesabaran, tawadhu’, dan hidup sederhana dalam pendidikan menurut mahasiswa IAIN Salatiga, baik di dalam keluarga maupun di sekolah. Langkahlangkah analisis data dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) pengurutan data sesuai dengan masalah yang akan dijawab; (2) pembentukan satuan-satuan data dalam setiap urutannya sesuai dengan kemungkinan hubungan ciri kategorinya; (3) interpretasi nilai data sesuai dengan masalah yan akan dijawab; (4) evaluasi tingkat kelayaan dan kelengkapan data dikaitkan dengan rentang masalahnya. Evaluasi ini juga menyangkut penafsiran validitas data bila dihubungkan dengan isi penjelasan yang diberikan. Kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut. Hampir semua responden menyatakan bahwa orangtua dan guru seharusnya berusaha secara sungguh- sungguh untuk mengimplementasikan prinsip tauhid, birru al-walidain, kejujuran, ibadah sholat, amar ma’ruf nahi munkar, kesabaran, tawadhu’, dan hidup sederhana dalam pendidikan, baik dalam keluarga maupun di sekolah untuk mewujudkan generasi penerus yang berkarakter Islami. Peserta didik seharusnya juga mau memahami, menghayati, dan mengamalkan prinsip-prinsip tersebut dengan cara mematuhi nasihat dan berbagai aturan yang diberlakukan di keluarga dan sekolahnya. Dalam praktiknya, sebagian responden menyatakan bahwa sebagian orangtua dan guru telah berusaha cukup serius untuk mengimplementasikan prinsip-prinsip tersebut, sebagian responden menyatakan bahwa orangtua dan guru belum cukup serius mengimplementasikan prinsip- prinsip tersebut. Demikian pula mayoritas responden menyatakan telah sungguh- 3 sungguh mengimplementasikan prinsip-prinsip tersebut, namun masih ada juga responden yang secara jujur belum mengimplementasikan prinsip-prinsip tersebut.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 08 Jul 2020 14:56 |
Last Modified: | 08 Jul 2020 14:56 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8853 |
Actions (login required)
View Item |