ANAM, AHMAD CHOIRUL (2020) PEMBINAAN MENTAL KEAGAMAAN DAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA DI MTS AT-THOSARI KALOREJO KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Full text not available from this repository.Abstract
Ahmad, Choirul Anam. 2019/2020. “Pembinaan Mental Keagamaan dan Sikap Percaya Diri Siswa di MTs At-Thosari Kalirejo Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Lililik Sriyanti, M. Si. Kata Kunci: Pembinaan Mental Keagamaan, Sikap Percaya Diri, Siswa. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui proses pembinaan mental dan sikap percaya diri di MTs At-Thosari Kalirejo. 2) Untuk mengetahui bentuk-bentuk pembinaan mental dan sikap percaya diri siswa di MTs At-Thosari kalirejo. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghamabat pembinaan mental dan sikap percaya diri siswa di MTs At-Thosari Kalirejo. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data yang menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Proses pembinaan mental dan sikap percaya diri siswa di MTs antara lain dengan diadakan suatu kegiatan yang ditujukan untuk siswa supaya mempunyai sikap percaya diri dan tanggung jawab dalam memimpin jamaah sekolah ataupun masyarakat di rumahnya masing-masing dan menjadikan apeserta didik memiliki sikap berani dan tidak takut akan masalah yang diahadapi. 2) Bentuk-bentuk pembinaan mental keagamaan dan sikap percaya diri di MTs At-Thosari antara lain kegiatan al-berjani, tahlilan, sholat berjama’ah, tadarus Al-Qur’an, kegiatan memperingati hari besar agama Islam dan kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikuler lainnya. Dalam kegiatan ini terdapat tempat dan waktu melaksanakanya, seperti kegiatan al-berjani dilaksanakan setiap hari Jum’at jam 07.00 wib di Masjid Nurul Yakin, kegiatan tahlilan dilaksanakan di kelas masing-masing dan waktunya ketika sedang pelajaran pendidikan agama Islam. 3) Faktor pendukung antara lain dorongan dari pendidik, masyarakat, orang tua terhadap peserta didik dengan memberikan motivasi agar bersemangat dalam mengikuti pembelajaran di kelas serta dalam kegiatan lainnya. Faktor penghambat antara lain seorang anak mempunyai fisik atau kemampuan belajar yang berbeda dari peserta didik lainnya, juga mempunyai rasa malu untuk bersosialisai atau belajar tampil di depan umum. Hasil yang di capai dalam melaksanakan pembelajaran pembinaan mental keagamaan dan sikap percaya diri yaitu yang pertama menumbuhkan rasa keberanian yang tinggi, menumbuhkan akhlak yang baik, menumbuhan rasa tanggung jawab yang tinggi, mempunyai sifat jujur dan mau di kritik atas kesalahan yang di perbuat ataupun mengkritik orang yang salah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 14 Jul 2020 13:14 |
Last Modified: | 14 Jul 2020 13:14 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8928 |
Actions (login required)
View Item |