safa'ah, laili (2020) IMPLEMENTASI LESSON STUDY PADA INTEGRASI KURIKULUM 2013 SEBAGAI DAYA DUKUNG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MI MA’ARIF KUMPULREJO 02 KOTA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Laili Safaah 12020170012.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Safa’ah, Laili.2020.Implementasi Lesson Study Pada Integrasi Kurikulum 2013 Sebagai Daya Dukung Kompetensi Pedagogik Guru MI Ma’arif Kumpulrejo 02 Kota Salatiga.Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Hj. Dr. Lilik Sriyanti, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan Lesson Study sebagai daya dukung kompetensi pedagogik guru MI Ma’arif Kumpulrejo 02 Salatiga, serta kemampuan mengintegrasikan Kurikulum 2013 dalam pelatihan program Lesson Study. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah dan dewan guru serta pengawas MI Kota Salatiga dengan jumlah 1 kepala sekolah ,3 dewan guru dan 2 peserta didik serta pengawas MI Kota Salatiga. Pelaksanaan Lesson Study ditekankan pada 3 tahap yaitu plan (merencanakan atau merancang), Do (melaksanakan), dan See (mengamati, dan sesudah itu merefleksikan hasil pengamatan). Pelaksanaan Lesson Study di MI Ma’arif Kumpulrejo 02 masih perlu pendampingan lebih lanjut dalam pembuatan RPP sesuai kurikulum 2013 dengan mengingat urgensi pendidikan karakter yang terintegrasi dalam mata pelajaran. Lesson Study harus dikembangkan dengan melibatkan guru-guru, serta pakar dan praktisi pendidikan dari instansi lain untuk menambah khazanah wawasan metode dan strategi pembelajaran yang lebih kompleks. Lesson Study juga membantu guru menerima tunjangan kesejahteraan, karena program Lesson Study mampu membentuk kompetensi guru yang unggul. Program Lesson Study salah satu wadah bagi guru dalam menjawab perkembangan zaman yang semakin kompleks, Lesson study mampu menjadi daya dukung bagi guru dalam memperjuangkan kesehteraannya serta membantu guru dalam menjawab tantangan zaman dan sebagai daya dukung terhadap kompetensi lulusan serta kualitas lembaga pendidikan. Kendala yang terjadi dalam proses Lesson Study di MI Ma’arif Kumpulrejo 02 Salatiga adalah sebagai berikut: Kurangnya motivasi guru dalam mengembangkan program Lesson Study, Kurangnya Pendanaan program Lesson Study di MI Ma’arif Kumpulrejo 02, Sarana dan Prasarana di MI Ma’arif Kumpulrejo 02 Kurang lengkap, Sulitnya Penyusunan jadwal pelaksanaan program Lesson Study di MI Ma’arif Kumpulrejo 02, Pendokumentasian kegiatan Lesson Study di MI Ma’arif Kumpulrejo 02 Kurang lengkap, serta Kurangnya daya dukung Yayasan dan Kementerian Agama Kata Kunci: Lesson study, Integrasi kurikulum 2013, Peningkatan kompetensi pedagogik guru.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 14 Jul 2020 14:41 |
Last Modified: | 14 Jul 2020 14:41 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8940 |
Actions (login required)
View Item |