S.Ag., SUTONO, (2020) PENERAPAN NILAI RUKUN DAN HORMAT MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA (Studi Kasus Pada Jamaah BINROH Guru TK Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang Tahun 2020). Other thesis, IAIN SALATIGA.
Full text not available from this repository.Abstract
Nilai rukun dan hormat yang diterapkan oleh para guru khususnya Jamaah BINROH Guru TK Se- Kecamatan Tuntang, semakin terkikis oleh kemajuan IPTEK dan budaya asing. Hal ini terbukti dari lemahnya guru TK untuk menerapkan nilai rukun dan hormat melalui pembelajaran Bahasa Jawa. Padahal itu juga diajarkan di dalam Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jawaban dari rumusan masalah tentang : (1) Alasan perlunya Jamaah BINROH Guru TK Kecamatan Tuntang menerapkan nilai rukun dan hormat melalui pembelajaran bahasa Jawa. (2) Nilai-nilai karakter yang terkandung dalam nilai tersebut,(3) Faktor yang mempengaruhi penerapan nilai tersebut melalui pembelajaran bahasa Jawa. Jenis penelitian ini kuallitatif, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : (1)Perlunya Jamaah BINROH menerapkannya karena bahasa Jawa diyakini mampu membentuk karakter anak didik, (2)Nilai-nilai yang diterapkan tersebut mengadopsi dari : a) Nilai-nilai Akhlak dari Pedoman Dirjen Pendis Kemenag, b) Nilai-nilai etika Jawa dalam Kitab Jawa “Serat Wuruk Respati,” yang dikeluarkan oleh Kraton Kesultanan Yogyakarta,c) Nilai Moral Agama Sosial Emosional dalam Kurikulum 2013 PAUD. Jamaah BINROH sudah menerapkannya melalui pembelajaran bahasa Jawa. (3)Faktor yang mempengaruhi nilai rukun dan hormat melalui bahasa Jawa adalah : a) Faktor Lingkungan b) Faktor Psikologis c.)Faktor Pendidikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 15 Jul 2020 13:21 |
Last Modified: | 15 Jul 2020 13:21 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8956 |
Actions (login required)
View Item |