PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KREATIFITAS GURU TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SISWA MI SE-KECAMATAN BANCAK KABUPATEN SEMARANGTAHUN PELAJARAN 2019/2020

Wati, Indang Indar (2020) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KREATIFITAS GURU TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SISWA MI SE-KECAMATAN BANCAK KABUPATEN SEMARANGTAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wati, Indang Indar. 2020. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Kreatifitas Guru Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas IV Siswa MI Se-Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr. Lilik Sriyanti, M.Si. Kata kunci: Pola Asuh Orang Tua, Kreatifitas guru, Hasil belajar Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pola asuh orang tua (X1), kreatifitas guru (X2), terhadap hasil belajar bahasa Indonesia (Y). Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif, metode pengumpulan data dilakukan dengan beberapa metode yaitu observasi, dokumentasi dan kuesioner (yang disebar kepada siswa di 7 madrasah ibtidaiyah di kecamatan Bancak). Sampel yang diambil sebanyak 116 responden dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan alat bantu SPSS versi 22 dan dianalisis dengan beberapa uji meliputi uji reliabilitas, uji validitas, uji asumsi klasik, uji Ftest, uji koefisien determinasi, serta uji hipotesis dengan menggunkan uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda dimana Y =13.015 + 0,144 X1 + 0,335 X2 + 0.05 hasil ini menunjukkan bahwa pola asuh orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia, kreatifitas guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Hasil uji Ftest menunjukan bahwa pola asuh orang tua dan kreatifitas guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Sedangkan hasil koefisien determinasi sebesar 0.077 ini berarti kontribusi variabel independen (pola asuh orang tua, kreatifitas guru ) mempengaruhi variabel dependen (hasil belajar Bahasa Indonesia) sebesar 7,7%, sedangkan sisanya 92,3% dipengaruhi variabel lain diluar model penelitian.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Jul 2020 13:15
Last Modified: 20 Jul 2020 13:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9002

Actions (login required)

View Item View Item