Pendidikan Islam Berwawasan Multikultural; Studi Terhadap Buku Ajar Pendidikan Agama Islam SMA dan SMK di Kota Salatiga

Nugroho,Lc.M.PdI., H.M. Aji (2020) Pendidikan Islam Berwawasan Multikultural; Studi Terhadap Buku Ajar Pendidikan Agama Islam SMA dan SMK di Kota Salatiga. UNSPECIFIED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam menciptakan harmoni sosial dan pencegahan paham radikalisme pada kehidupan yang majemuk, paradigma multikultural perlu diposisikan sebagai landasan utama penyelenggaraan pendidikan agama Islam, agar mampu memfungsikan agama sebagai jalan keluar dari simptom eksklusivisme melalui persemaian benih-benih toleransi untuk menjaga kerukunan dan perdamaian. Bentuk ini hanya bisa diperoleh melalui proses pembelajaran melalui materi dan bahan ajar yang digunakan. Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan aplikasi dan implementasi nilai-nilai multikultural materi ajar Pendidikan Agama Islam dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam sebagai sebuah upaya membangun kesadaran beragama yang inklusif bagi seorang muslim. Desain penelitian ini deskriptif eksploratif kualitatif yang menitik beratkan pada studi teks dengan content analysis yang diperkuat dengan pendekatan fenomenologis dalam menguraikan dan menganalisis isi materi ajar dalam buku tersebut dengan realitas di lapangan. Sumber primer penelitian yang digunakan adalah Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X, XI, XII SMA dan SMK Kota Salatiga dibantu dengan sumber sekunder dari pendidik dan peserta didik melalui proses wawancara. Temuan penelitian ini, 1) buku ajar yang digunakan peserta didik tidak berhenti pada transfer of knowledge (pengetahuan), namun juga mengkaji value (nilai) dan culture (kebudayaan) sehingga peserta didik tidak tercerabut dari akar kebudayaan yang dimiliki; 2) materi ajar tidak berhenti pada simbolik ritualistik namun juga korelasi antara simbol-simbol agama dengan realitas yang ada dalam masyarakat, sehingga peserta didik berfikir secara inklusif/terbuka dalam fenomena keberagaman; 3) nilai multikultural yang ditanamkan dalam proses pembelajaran adalah toleransi, kerukunan, budaya saling menghormati, tolong menolong, demokrasi, mempertahankan keimanan dengan mengedepankan moralitas terpuji dalam bermuamalah terhadap siapapun.

Item Type: Book
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Jul 2020 10:55
Last Modified: 28 Jul 2020 04:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9050

Actions (login required)

View Item View Item