PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGRIKU SUB TEMA INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGRIKU MELALUI MODEL MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV MI BANSARI KABUPATEN TEMANGGUNG

Widayanti, Risa (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGRIKU SUB TEMA INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGRIKU MELALUI MODEL MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV MI BANSARI KABUPATEN TEMANGGUNG. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI RISA WIDAYANTI 23040160112 PGMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Widayanti, Risa . 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Indahnya Keragaman di Negriku Sub Tema Indahnya Keragaman Budaya Negriku Melalui Model Make A Match Pada Siswa Kelas IV MI Bansari Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung 2019/2020. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Juruasan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negri Salatiga. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran, Make A Macth. Tujuan penelitian ini adalah untuk menegtahui peningkatan hasil belajar materi Indahnya Kergaman di Negriku Sub Tema Indanya Keragaman Budaya Negriku Melalui Model Make A Match Pada Siswa Kelas IV MI Bansari Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 27 siswa yaitu 14 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi , dan refleksi. Adapun Analisis data yang di lakukan adalah pengumpulan semua data kemudian dianalisis yang disajikan dalam bentuk tabel selanjutnya menguji keberhasilan penelitian dengan membandingkan hasil pengelolaan data dengan indikator keberhasilan setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Make A Macth dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Bansari Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2019/2020. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Siklus I ke Siklus II 22%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan siswa pada Siklus I 67% siswa tuntas belajar, Siklus II 89% siswa tuntas belajar.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Sep 2020 10:05
Last Modified: 03 Sep 2020 01:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9110

Actions (login required)

View Item View Item