SOFIANA, IIN ISNA (2020) IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN DISIPLIN PADA ANAK BELAJAR DI RUMAH MASA PANDEMIC COVID- 19 DI DESA DERAS KEDUNGJATI GROBOGAN TAHUN 2020. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI IIN 1.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Sofiana, Iin isna. 2020. Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Dan Disipin Pada Anak Belajar Di Rumah Masa Pandemic Covid-19 Di Desa Deras Kedungjati Grobogan Tahun Pelajaran 2020. Skripsi Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Urifatun Anis S, Pd.,M, Pd.I Kata Kunci : Implementasi, pendidikan karakter, tanggung jawab, disiplin, Pandemic covid-19. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui implementasi nilai pendidikan karakter tanggung jawab dan disiplin anak di rumah, (2) Megetahui metode yang digunakan dalam membentuk karakter tanggung jawab dan disiplin pada anak belajar, (3) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pendidikan karakter tanggung jawab dan disiplin pada anak belajar di rumah masa pandemic covid-19. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena data yang disajikan berupa kata-kata yang diperoleh dan diolah berdasarkan deskripsi penulis. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan data sekunder. Dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pertama, implementasi pendidikan karakter tanggung jawab dan disiplin pada anak di rumah di Desa Deras adalah melalui bimbingan dari orang tua serta mengikuti berbagai kegiatan tujuannya untuk membentuk karakter anak. Kedua, metode yang digunakan dalam membentuk karakter anak belajar di rumah di Desa Deras adalah dengan metode keteladanan seperti orang tua melatih anak untuk menerapkan karakter tanggung jawab dan disiplin dalam kehidupan sehari-hari, metode pembiasaan seperti halnya melalui bimbingan orang tua dengan membiasakan berperilaku yang baik dan sopan dalam kehidupan sehari-hari, dan metode mau’izhah dan nasehat seperti anak diberikan nasehat dan motivasi tentang tanggung jawab dan disiplin pada anak belajar di rumah, agar anak semangat dalam melakukannya. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter tanggung jawab dan disiplin pada anak belajar di rumah masa pendemic covid-19 di Desa Deras, faktor pendukungya meliputi, adanya dukungan dari orang tua, alat komunikasi dan lingkungan. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi, anak lebih mementingkan sesuai keinginannya, kurang percaya diri, tidak bisa mengendalikan emosi, tidak stabilnya koneksi jaringan dan lingkungan yang kurang kondusif.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 11:05 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 06:21 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9165 |
Actions (login required)
View Item |