Umniyati, Nila (2020) PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PADAMATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS X AKUNTANSI DI SMKN1 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]
Text
Nila Umniyati-23070160084 - T.MTK Fiks.pdf Download (3MB) |
Abstract
Umniyati, Nila. 2020. Pengaruh Kreativitas Guru dan Minat Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas X Akuntansi di SMK N 1 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga : Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Winarno, M. Pd. Kata Kunci: kreativitas guru, minat belajar, hasil belajar Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Adakah pengaruh kreativitas guru terhadap hasil belajar matematika. (2) Adakah pengaruh minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar matematika. (3) Adakah pengaruh antara kreativitas guru dan minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar matematika. Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatif, metode pengumpulan data pada skripsi ini menggunakan angket dan dokumentasi.Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMKN 1 Salatigayang berjumlah 71 peserta didik. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kreativitas guru dan minat belajar peserta didik sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat.Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi ganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kreativitas guru terhadap hasil belajar, hal ini berdasarkan analisis data diperoleh = 0,261, =0,235,dikarenakan , Tidak adanya pengaruh minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar matematika, Berdasarkan analisis data diperoleh = 0,105, = 0,235 dikarenakan . Serta kreativitas guru dan minat belajar peserta didik secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar matematika.Berdasarkananalisis dataregresi linear berganda diperolehhasil Sig. Linearity 1.000 > 0,05 dan = 2,492, 3,13 dikarenakan > .dan pada tabel model summarydiketahui bahwa besarnya nilai korelasi R yaitu 0,261, yang berarti bahwa pengaruh variabel bebasterhadap variabel terikatsebesar 26%. Sisanya 74% dipengaruhi faktor lain yang tidak dibahas padaskripsi.ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat dismpulkan bahwa adanya pengaruh kreativitas guru terhadap hasil belajar matematika, tidak adanya pengaruh minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar matematika, dan adanya pengaruh secara bersama-sama antara kreativitas guru dan minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar matematika kelas XAkuntansidi SMKN 1 Salatiga tahun pelajaran 2019/2020.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Oct 2020 08:40 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 02:37 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9197 |
Actions (login required)
View Item |