ANALISIS MOTIVASI BELAJAR IPA PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN E-LEARNING CLASS DI SMPIT NIDAUL HIKMAH SALATIGA SELAMA PANDEMI COVID-19

SALSABILA, FATIKHA (2020) ANALISIS MOTIVASI BELAJAR IPA PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN E-LEARNING CLASS DI SMPIT NIDAUL HIKMAH SALATIGA SELAMA PANDEMI COVID-19. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI FATIKHA SALSABILA FINAL.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Salsabila, F. 2020. Analisis Motivasi Belajar IPA Peserta Didik Pada Pembelajaran E-learning Class Di SMPIT Nidaul Hikmah Salatiga Selama Pandemi Covid-19. Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Saiful Marom, M.Sc. Kata Kunci: motivasi belajar IPA, pembelajaran e-learning class dan pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar IPA peserta didik pada pembelajaran e-learning class di SMPIT Nidaul Hikmah Salatiga selama pandemi covid-19, dan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran e-learning class di SMPIT Nidaul Hikmah Salatiga selama pandemi covid-19. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer atau data utama. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini diolah melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data dan sumber. Hasil penelitian menunujukkan bahwa pertama, motivasi belajar para peserta didik tidak seperti pada saat mengikuti pembelajaran yang dilakukan secara langsung diruang kelas. Peserta didik lebih semangat mengikuti pebelajaran yang guru sampaikan diruang kelas dibandingkan dengan pembelajaran e-learning class yang dilakukan selama pandemi covid-19 melalui aplikasi whatsapp. Kedua, faktor-faktor penghambatnya yaitu: peserta didik kesulitan dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan melalui video, mengalami kehabisan kuota disaat mengikuti pembelajaran yang disampaikan melalui aplikasi whatsapp, kesulitan mendapatkan jaringan atau signal yang stabil pada saat mengikuti pembelajaran, sehingga pembelajaan yang didapatkan menjadi kurang maksimal, peserta didik tidak dapat melakukan praktikum mandiri yang harus dilakukan dirumah karena tidak tersedianya bahan dan alat yang akan digunakan untuk melakukan praktikum mandiri, adanya notification dari sosial media yang terinstall di smartphone sehingga peserta didik ingin bermain sosial media ketika mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu: memberi kemudahan pada guru dalam menyampaikan materi melalui smartphone, penyampaian materi menjadi lebih menarik dan tidak monoton, memberikan kemudahan bagi peserta didik untuk mengakses sumber belajar lain yang dibutuhkan, dan mengakses video-video praktikum ketika peserta didik tidak dapat melakukan praktikum mandiri dirumah.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2020 16:29
Last Modified: 20 Oct 2020 07:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9223

Actions (login required)

View Item View Item