Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Berempati, Menghormati Orang Tua Dan Guru Dengan Metode Teams Games Tournament dan Video Critic Kelas VII SMP Islam Sudirman Tengaran Tahun Pelajaran 2019/2020

Rifai, Ibnu (2020) Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Berempati, Menghormati Orang Tua Dan Guru Dengan Metode Teams Games Tournament dan Video Critic Kelas VII SMP Islam Sudirman Tengaran Tahun Pelajaran 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Ibnu Rifa'i 23010160010.pdf

Download (5MB)

Abstract

Rifa’i, Ibnu. 2020. Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Berempati, Menghormati Orang Tua Dan Guru Dengan Metode Teams Games Tournament Dan Video Critic Kelas VII SMP Islam Sudirman Tengaran Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dra. Widyastuti, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Berempati, Menghormati Orang Tua dan Guru, Metode Teams Games Tournament dan Video Critic. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PAI materi Berempati, Menghormati Orang Tua dan Guru melalui metode Teams Games Tournament dan Video Critic kelas VII SMP Islam Sudirman Tengaran tahun pelajaran 2019/2020. Salah satu penyebab rendahnya nilai pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah kurangnya guru dalam menguasai metode atau menerapkan metode-metode pembelajaran. Pertanyaan utama yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah apakah metode Teams Games Tournament dan video critic dapat meningkatkan hasil belajar PAI dalam materi berempati, menghormati orang tua dan guru kelas VII SMP Islam Sudirman Tengaran tahun pelajaran 2019/2020?. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksankan dengan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Di setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Islam Sudirman Tengaran tahun pelajaran 2019/2020, dan dilaksanakan dari tanggal 7-14 Maret 2020. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah secara individual peserta didik mendapat nilai di atas KKM yaitu 65 atau ketuntasan secara klasikal peserta didik di kelas mencapai 85%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa menggunakan metode Teams Games Tournament dan Video Critic dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Islam Sudirman Tengaran tahun pelajaran 2019/2020. Hasil ini terlihat dari 16 peserta didik sebelum diterapkannya metode Teams Games Tournament dan Video Critic yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 3 peserta didik atau 18,75% dengan ratarata 58,72. Kemudian setelah diterapkannya metode Teams Games Tournament dan Video Critic pada pembelajaran siklus I, jumlah peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 7 atau 43,75% dengan nilai rata-rata 62,75. Hasil ini mengalami peningkatan sebesar 25%. Pada siklus II peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 15 atau 93,75% dengan nilai rata-rata 89,5. Jika dibandingkan dengan hasil belajar pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 50%.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2020 13:34
Last Modified: 21 Oct 2020 06:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9304

Actions (login required)

View Item View Item