ANALISIS KURIKULUM PONDOK PESANTREN BERBASIS GENDER DI PONDOK PESANTREN TARBIYATUL ISLAM AL-FALAH SALATIGA TAHUN 2020

Santriani, Oktavia (2020) ANALISIS KURIKULUM PONDOK PESANTREN BERBASIS GENDER DI PONDOK PESANTREN TARBIYATUL ISLAM AL-FALAH SALATIGA TAHUN 2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Oktavia_23010160087.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Oktavia fix.pdf

Download (3MB)

Abstract

Santriani, Oktavia. 2020. Analisis Kurikulum Pondok Pesantren Berbasis Gender Di Pondok Pesantren Tarbiyyatul Islam Al-Falah Salatiga Tahun 2020. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Apriliani Ria Adisti, M. Pd. Kata Kunci: Kurikulum, Pondok Pesantren, Gender Tujuan yang hedak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Faktor-faktor penyebab diterapkannya kurikulum gender di Pondok Pesantren Tarbiyyatul Islam Al-Falah Salatiga. 2) Bagaimana implementasi kurikulum berbasis gender yang diterapkan di PPTI Al-Falah Salatiga. 3) Strategi yang di lakukan PPTI Al-Falah Salatiga dalam mengupayakan kurikulum berbasis gender. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan (Field Research). yang bersifat kualitatif deskriptif dengan tujuan menggambarkan kurikulum adil gender yang diterapkan di Pondok Pesantren Tarbiyyatul Islam Al-Falah Salatiga. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni hasil wawancara Ustadz/ah, pengurus, santri, dan alumni. Dan sumber data sekunder berupa foto-foto yang berkaitan dengan kurikulum adil gender yang diterapkan di PPTI Al-Falah. Pengumpulan data dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, berdasarkan hasil wawancara dengan ustadz/ah, pengurus, santri, dan alumni menunjukkan bahwa kurikulum yang terdapat di PPTI Al-Falah telah adil gender hal ini dibuktikan dengan beberapa faktor yaitu faktor akses, partisipasi, dan perolehan manfaat yang telah responsif gender. Kedua, penerapan kurikulum di PPTI Al-Falah dilihat dari guru dalam menyampaikan materi dan proses pembelajaran di PPTI Al-Falah telah memberi porsi yang cukup terhadap adil gender akan tetapi ditemukan kitab yang masih bias gender pada materi fiqih walaupun demikian pengasuh menyuguhkan kitab kontemporer sebagai penyeimbang. Ketiga, adapun strategi yang dilakukan Pondok Pesantren dalam mengupayakan kurikulum adil gender yaitu dengan mengadakan sosialisasi dan pemahaman terkait gender, membuat event yang menaikkan derajat perempuan di pesantren, dan otoritas kepemimpinan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2020 15:17
Last Modified: 23 Oct 2020 08:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9325

Actions (login required)

View Item View Item