KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X TATA BOGA SMK SPP DHARMA LESTARI SALATIGA PADA MATERI BERPANGKAT DAN BERAKAR TAHUN 2019/2020

Praharto, Ridho (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X TATA BOGA SMK SPP DHARMA LESTARI SALATIGA PADA MATERI BERPANGKAT DAN BERAKAR TAHUN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
skripsi MTK Ridho.pdf

Download (3MB)

Abstract

Prahasto, Ridho. 2019. Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK SPP Dharma Lestari Salatiga Tahun 2019/2020 Pada Materi Bilangan Berpangkat dan Berakar. Skripsi. IAIN Salatiga. Pembimbing: Saiful Marom, M. Sc. Kata Kunci : Model Pembelajaran (NHT) , Matematika, Hasil Belajar Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa. Hal ini merupakan upaya untuk meningkatkan keefektifan dalam pembelajaran matemetika. Sehingga diharapkan dengan mengetahui besar pengaruh yang diberikan, dapat memberikan inisiatif untuk tidak terus-menerus menggunakan model pembelajaran dengan metode ceramah dalam pembelajaran matematika. S Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi hasil belajar pretest dan posttest. Informan dalam penelitian adalah siswa matematika kelas X SMK SPP Dharma Lestari Salatiga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi atau pengamatan, Tes, dan dokumenter.. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Number Head Together terhadap hasil belajar siswa kelas X Tata Boga SMK SPP Dharma Lestari Salatiga. Hal ini terlihat pada hasil data uji linearitas dengan nilai signifikansi 0,03. Selain itu pada uji R Square juga menunjukan pengaruh besar dalam model pembelajaran Number Head Together sebesar 42,4 %. (2) Terdapat peningkatan yang signifikan pada model pembelajaran Number Head Together (NHT). Hal ini dibuktikan pada uji Paired Sample t Test dengan nilai signifikansi sebesar 0,00. Dibuktikan juga dengan hasil pretest sebesar 35,52 dan posttest sebesar 83,55. (3) Terdapat perbedaan rata-rata pada kelas kontrol dengan kelas eksperimen yang cukup signifikan. Hal ini dibuktikan pada uji Independent Sample t Test dengan nilai signifikansi 0,00. Kemudian ditegaskan pada data mean pada kelas eksperimen sebasar 83,55 dan kelas kontrol sebesar 62,50.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2020 09:25
Last Modified: 23 Oct 2020 09:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9391

Actions (login required)

View Item View Item