FANHARY, ANNISA PUSPITA (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MELALUI SOAL OPEN-ENDED PADA SISWA KELAS XII AKUNTANSI 1 SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
ANNISA PUSPITA FANHARY_23070160028.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa kelas XII Akuntansi 1 SMK Diponegoro Salatiga, upaya guru dalam memaksimalkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas XII Akuntansi 1 SMK Diponegoro Salatiga, dan upaya guru dalam mengatasi masalah terhadap kemampuan penalaran matematis siswa yang rendah. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan wawancara. Tes dilakukan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa yang dimiliki dengan menggunakan 3 butir soal open-ended berbentuk uraian. Wawancara dilaksanakan untuk mengetahui secara mendalam kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika yang diikuti 6 siswa dari 29 siswa yang dipilih berdasarkan kemampuan siswa yaitu 2 siswa dengan kemampuan tinggi, 2 siswa dengan kemampuan sedang dan 2 siswa dengan kemampuan rendah. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) siswa yang berkemampuan tinggi memenuhi pada indikator menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, gambar dan diagram; mengajukan dugaan; memanipulasi matematika; menyusun bukti, memberikan alasan/bukti terhadap kebenaran solusi; menarik kesimpulan; dan memeriksa kesahihan suatu argumen. Siswa yang berkemampuan sedang memenuhi pada indikator menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, gambar dan diagram; mengajukan dugaan; dan memanipulasi matematika. Siswa yang berkemampuan rendah memenuhi pada indikator menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, gambar dan diagram; dan mengajukan dugaan. (2) upaya guru dalam memaksimalkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas XII Akuntansi 1 SMK Diponegoro Salatiga dengan melakukan pengayaan dan remedial. (3) upaya guru dalam mengatasi kemampuan penalaran matematis siswa yang rendah dengan melakukan pembelajaran tutor sebaya.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 14:46 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 14:46 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9420 |
Actions (login required)
View Item |