RIZKI, CAHYA RIA (2020) PERAN ORANGTUA DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK SAAT PEMBELAJARAN JARAK JAUH (STUDI KASUS PADA WALI MURID RA TARBIYATUL BANIN 18 KELOMPOK A KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020). [UNSPECIFIED]
Text
Cahya Ria Rizki (23050160031) PIAUD.-dikonversi.pdf Download (2MB) |
Abstract
Rizki, Cahya Ria. 2020. Peran Orang tua Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Saat Pembelajaran Jarak Jauh Studi Kasus Pada Wali Murid RA Tarbiyatul Banin 18 Kelompok A Kabupaten Semarang. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Ibu Khulatul Lutfiah, M.Pd.I. Kata Kunci : Peran Orang tua, Motorik Halus Anak Usia Dini. Penelitian ini mendiskripsikan mengenai peran orang tua dalam mengembangkan motorik halus anak saat pembelajaran jarak jauh RA Tarbiyatul Banin 18 kelompok A kabupaten Semarang. Tujuan skripsi ini yaitu: (1) Mengathui peran orang tua wali murid dalam mengembangkan motorik halus anak saat pembelajaran jarak jauh RA Tarbiyatul Banin 18 kelompok A kabupaten Semarang, (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran orang tua dalam mengembangkan motorik halus anak saat pembelajaran jarak jauh wali murid RA Tarbiyatul Banin 18 kelompok A kabupaten Semarang, (3) Mengetahui kondisi kemampuan motorik halus anak saat pembelajaran jarak jauh RA Tarbiyatul Banin 18 kelompok A kabupaten Semarang. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Sumber data penelitian meliputi sumber data primer (wali kelas, wali murid RA Tarbiyatul Banin 18 kelompok A) dan sumber data sekunder berupa dokumentasi dan sebagainya. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Langkah menganalisis data dengan mereduksi, menyajikan, kemudian menyimpulkan data. Pengolahan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukan peran orang tua dalam mengembangkan motorik halus anak saat pembelajaran jarak jauh RA Tarbiyatul Banin 18 kelompok A kabupaten Semarang adalah orangtua mendampingi, menjalin komunikasi, memberikan kesempatan, mengawasi, mendorong dan mengarahkan anak saat mengerjakan kegiatan menggambar, mewarnai, menempel dan menggunting. Faktor pendukung dan penghambat peran orang tua dalam mengembangkan motorik halus anak saat pembelajaran jarak jauh RA Tarbiyatul Banin 18 kabupaten Semarang yaitu kondisi lingkungan dan kematangan motorik halus anak belum berkembang secara maksimal. Keadaan motorik halus anak saat pembelajaran jarak jauh yang berjumplah 15 anak sudah berkembang karena anak sudah mampu memenuhi tingkat pencapaian perkembangan motorik halus anak sedangkan 8 anak belum berkembang.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Divisions: | ?? PIAUD ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Oct 2020 15:36 |
Last Modified: | 10 Nov 2020 06:06 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9436 |
Actions (login required)
View Item |