SUSANTO, FERI (2016) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN TUGAS KEPENGAWASAN TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI (STUDI KASUS ATAS KEPENGAWASAN KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI 1, SMP NEGERI 2 DAN SMP NEGERI 4 BUNTA KABUPATEN BANGGAI SULAWESI TENGAH TAHUN 2016). Masters thesis, IAIN SALATIGA.
Text
ABSTRAK DAN PUBLIKASI.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN TUGAS KEPENGAWASAN TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI (Studi kasus atas Kepengawasan Kepala Sekolah di SMP Negeri 1, SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 4 Bunta Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah Tiahun 2016) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam tugas kepengawasan terhadap kompetensi pedagogik guru PAI di SMP Negeri 1, SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 4 Bunta,dan untuk mengetahui perbandingan (komparasi) atas kepengawasan yang dilaksanakan oleh kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru PAI di SMP Negeri 1, SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 4 Bunta Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Rancangan yang digunakan adalah studi kasus dengan seting penelitian dilakukan pada tiga sekolah di Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah yaitu SMP Negeri 1, SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 4 Bunta dengan informan kunci adalah kepala sekolah kemudian informan lain beberapa guru PAI di tiga sekolah. Data yang dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) peran kepala sekolah dalam kepengawasan terhadap kompetensi pedagogik Guru PAI di SMP Negeri 1, SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 4 Bunta, Kepala Sekolah melakukan kegiatan pengawasan pembelajaran dengan tahapan membuat perencanaan jadwal supervisi. Unsur-unsur dalam pengawasan guru PAI meliputi kemampuan merencanakan pembelajaran, kemampuan melaksanakan kegiatan pembelajaran dan kemampuan mengevaluasi pembelajaran, (2) Perbandingan (komparasi) peran kepala sekolah dalam kepengawasan terhadap kompetensi pedagogik guru PAI pada SMP Negeri 1, pelaksanaan pengawasan pembelajaran membuat jadwal program supervisi mendelagasikan guru senior dan langsung masuk ke kelas, SMP Negeri 2 sebelum pelaksanaan pengawasan ada pertemuan pra supervisi adanya kesepakatan antara guru dan kepala sekolah sebelum penilaian di kelas dengan menggunakan instrumen diisi oleh guru yang bersangkutan. SMP Negeri 4 Bunta kepala sekolah telah melaksakan supervisi pembelajaran dan dampak positifnya kompetensi guru, yaitu dapat membuat perangkat secara mandiri dan dalam proses pembelajaran sudah menggunakan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (TIK).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1) |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 05 Oct 2016 04:39 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 04:39 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/947 |
Actions (login required)
View Item |