Pengaruh Intrinsic Religiosity dan Pengetahuan Produk Halal Terhadap Niat Membeli Produk Halal dengan Halal Product Awareness sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Rocket Chicken Salatiga)

DEVI, ZABRINA CHANDRA (2020) Pengaruh Intrinsic Religiosity dan Pengetahuan Produk Halal Terhadap Niat Membeli Produk Halal dengan Halal Product Awareness sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Rocket Chicken Salatiga). [UNSPECIFIED]

[img] Text
skripsi devi revisi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Intrinsic Religiosity, Pengetahuan Produk Halal terhadap Niat Membeli Produk Halal dengan Halal Product Awareness sebagai variabel mediasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner yang dibagikan kepada masyarakat Salatiga yang pernah membeli di rocket chicken Salatiga. Populasi yang digunakan adalah masyarakat Salatiga yang berusia 15-29 tahun yang berjumlah 51.409 jiwa. Sampel yang digunakan sebagai objek penelitian sejumlah 100 responden. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan sampel yaitu dengan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu yaitu masyarakat Salatiga yang pernah membeli dan mengonsumsi produk Rocket Chicken. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sobel Test untuk mengetahui pengaruh langsung atau tidak langsung setelah dimediasi oleh variabel halal product awareness. Data yang diperoleh dari lapangan kemudian diolah menggunakan alat bantu IBM SPSS 21. Hasil analisis regresi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dari 7 hipotesis hanya 1 hipotesis yang berpengaruh tidak signifikan, sedangkan 6 hipotesis yang lain berpengaruh signifikan. Variabel intrinsic religiosity berpengaruh signifikan terhadap niat membeli produk halal, kemudian variabel intrinsic religiosity dan pengetahuan produk halal berpengaruh signifikan terhadap halal product awareness. Sedangkan, variabel pengetahuan produk halal dinyatakan tidak signifikan terhadap variabel niat membeli produk halal. Pada variabel mediasi, halal product awareness dinyatakan dapat memediasi variabel intrinsic religiosity dan pengetahuan produk halal terhadap niat membeli produk halal. Kata Kunci : Intrinsic Religiosity, Pengetahuan Produk Halal, Halal Product Awareness, Niat Membeli Produk Halal.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2020 10:11
Last Modified: 26 Oct 2020 06:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9483

Actions (login required)

View Item View Item