PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUHU DAN KALOR MELALUI STRATEGI MIND MAPS DENGAN METODE SNOWBALL DRILLING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TUNGGU KECAMATAN PENAWANGAN KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2019/ 2020

ALIMATUROFIAH, SITI (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUHU DAN KALOR MELALUI STRATEGI MIND MAPS DENGAN METODE SNOWBALL DRILLING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TUNGGU KECAMATAN PENAWANGAN KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2019/ 2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI SITI ALIMMATUROFIAHfiks.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Alimmaturofiah, Siti 2020 Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Suhu dan Kalor Melalui Strategi mind maps dengan metode snowball drilling Pada Siswa Kelas V SD Negeri Tunggu Kec.Penawangan Kab. Grobogan Tahun Pelajaran 2019/2020 Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Budiyono Saputro, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: hasil belajar IPA, strategi mind maps , metode Snowball drilling, suhu dan kalor Hasil belajar IPA di SD Negeri Tunggu masih rendah terbukti dengan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM 70. Dikarenakan siswa yang kurang berkonsentrasi dalam pembelajaran dan juga siswa kurang mendapatkan metode pembelajaran baru saat pembelajaran. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah penerapan strategi mind maps dengan metode snowball drilling dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi suhu dan kalor pada siswa kelas V SD Negeri Tunggu Kec. Penawangan Kab. Grobogan tahun pelajaran 2019/2020 ?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi suhu dan kalor melalui strategi mind maps dengan metode snowball drilling pada siswa kelas V SD Negeri Tunggu Kec.Penawangan Kab.Grobogan tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Tunggu yang berjumlah 25 siswa meliputi 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi dan soal. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ? 85 siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi mind maps dengan metode snowball drilling dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Tunggu Kec. Penawangan Kab. Grobogan tahun 2019/2020. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Pra Siklus ke Siklus I 4% dan Siklus I ke Siklus II 44%. Hal ini dapat dilihat dari peroleh ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus 36% siswa tuntas belajar, pada Siklus I 40% siswa tuntas belajar dan Siklus II 88% siswa tuntas belajar. Maka Penelitian Tidakan Kelas ini dinyatakan berhasil, karena hasil ketuntasan siswa pada Siklus II diperoleh 88% sehingga telah mencapai indikator ketuntasan secara klasikal yaitu ?85% dari jumlah total siswa dalam satu kelas.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2020 13:17
Last Modified: 26 Oct 2020 13:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9548

Actions (login required)

View Item View Item