Kholisoh, Siti (2020) ANALISIS PERSEPSI GURU TERHADAP METODE SHARED READING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA TEKS CERITA PENDEK KELAS V MI AL-ISLAM LESANPURO KAJORAN. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
SKRIPSI Siti Kholisoh.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Kholisoh, Siti. 2020. Analisis persepsi guru terhadap metode shared reading mata pelajaran bahasa Indonesia materi membaca teks cerita pendek di Kelas V MI Al-Islam Lesanpuro Kajoran. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri. Pembimbing Aprilian Ria Adisti M.Pd. Kata Kunci, Persepsi Guru, Metode Shared Reading Tujuan penulisan skripsi ini adalah : 1) Untuk mengetahui dan mendiskripsikan persepsi guru MI Al-Islam tentang pelaksanaan metode pengajaran Shared Reading, 2) Untuk mengetahui dan mendiskripsikan bentuk metode pengajaran Shared Reading, 3) Untuk mengetahui dan mendiskrispsikan kelebihan dan kelemahan metode pengajaran Shared Reading pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas lima MI Al-Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data kualitatif model air yaitu melalui reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang diperoleh menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahawa: 1) Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Membaca Teks Cerita Pendek di Kelas V MI Al-Islam Lesanpuro berjalan dengan baik dan mencapai hasil yang diharapkan dengan menerapkan metode shared reading yang bertujuan memudahkan peserta didik dalam memahami isi bacaan dengan cara peserta didik diminta membaca untuk berbagi. 2) Bentuk Metode Pengajaran Shared Reading Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Membaca Teks Cerita Pendek yaitu meliputi tahap prabaca yang berisi kegiatan pemanasan dan bertukar cerita, tahap membaca, dan tahap pasca baca yang berisi tentang penugasan. 3) Kelebihan Metode Shared Reading Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Membaca Teks Cerita Pendek di Kelas V MI Al-Islam Lesanpuro meliputi: a. Siswa menjadi lebih aktif, b. Melatih ke beranian siswa dalam berbicara (siswa yang cenderung aktif), c. Memancing kreatifitas siswa, d. Siswa lebih fokus dalam pembelajaran, dan e. Siswa dapat memahami bacaan dengan cepat. Sedangkan kelemahan metode shared reading meliputi: a. siswa yang pendiam cenderung kesusahan dalam bercerita kepada temannya, b. siswa kurang mempunyai keberanian dalam menyampaikan gagasan sesuai pemahaman mereka (siswa yang cenderumg pendiam), dan c. memerlukan waktu yang lama.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Oct 2020 14:22 |
Last Modified: | 26 Oct 2020 14:22 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9570 |
Actions (login required)
View Item |