SURYANINGSIH, (2020) INOVASI KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALITAS GURU DI MTS MA'ARIF 3 GRABAG MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
INOVASI KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN PROFES.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Suryaningsih.(2020). Inovasi Kepala Madrasah dalam Mengembangakan Profesionalitas Guru di MTs Ma’arif 3 Grabag Magelang Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Inovasi Kepala Madrasah dan Profesionalitas Guru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program inovasi yang dilakukan oleh kepala madrasah MTs Ma’arif 3 grabag dalam mengingkatkan kualitas profesionalits guru serta menjelaskan pelaksanaan program inovasi tersebut. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan adalah dengan metode Miles dan Faisal dengan kerangka berfikir deduktif. Tujuan observasi adalah untuk membaca gambaran kondisi yang diteliti sebelum mendokumentasikan informasi yang di dapat, tujuan wawancara untuk memperoleh informasi mengenai proses dalam pengembangan profesionalitas guru, dokumentasi bertujuan untuk mengetahui keadaan ketika pembelajaran guru di kelas, dak kegiatan-kegiatan yang lain. Dari hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu: 1) apa inovasi kepala madrasah dalam mengembangkan profesionalitas guru, 2) untuk mengetahui langkah-langlah kepala madrasah dalam mengembangkan profesionalitas guru di MTs Ma’arif 3 Grabag, 3) untuk mengetahui kendala-kendala kepala madrasah dalam mengembangkan profesionalitas guru di MTs Ma’arif 3 Grabag. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan Inovasi Kepala Madrasah dalam mengembangkan profesionalitas guru, Kepala Madrasah melakukan Kelompok Kerja Guru (KKG), mengadakan pelatihan (diklat), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), dan mengikut sertakan para guru dalam inovasi Kepala Madrasah dalam mengembangkan profesionalitas guru di MTs Ma’arif 3 Grabag. Demi meningkatkan kualitas guru, siswa dan karyawan (SDM) madrasah secara bersama-sama, Kepala Madrasah memiliki program menegakkan kedisiplinan di lingkungan madrasah. Selain itu, Kepala Madrasah juga berinisiasi menanamkan pendidikan karakter melalui kegiatan-kegiatan yang berbasis keagamaan seperti apel dan doa bersama setiap pagi dihalaman madrasah, sholat dhuha, sholat dhuhur berjamaah, tahlil dan ziarah kubur di belakang madrasah.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 09:53 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 09:53 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9614 |
Actions (login required)
View Item |