MAULANA, RAJU RAHMAD (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AT-TAHLIYYAH KARANGAN SAYYID MUHAMMAD. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak Maulana, Raju Rahmat. 2015. Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab At-Tahliyatu Wa at-Targib Fi At-Tarbiyati Wa At-Tahdib Karya Sayyid Muhammad. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Muhammad Aji Nugroho, Lc., M.Pd.I. Kata kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak, Kitab At-Tahliyatu Wa at-Targib Fi At-Tarbiyati Wa At-Tahdib Karya Sayyid Muhammad. Kitab Tahliyyah merupakan sebuah kitab buah karya Sayyid Muhammad, yang mengajak kepada setiap muslim untuk menjadi makhluk yang memiliki akhlak yang mulia, dalam pandangan Allah SWT dan manusia. Fokus dalam penelitian ini adalah mencari dan mentelaah nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Tahliyyah. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kemerosotan akhlak peserta didik dalam dunia pendidikan, hal tersebut terjadi karena mengabaikan pendidikan akhlak sebagai basis pendidikan Islam, sebagaimana mencuatnya permasalahan mengenai akhlak sehingga menjadikan degradasi dan krisis moral, karenanya perlu ada kajian mengenai pendidikan akhlak yang diharapkan mampu dalam memberikan solusi. Metode yang digunakan peneliti adalah jenis penelitian kepustakaan (library research), yaitu: metode penelitian yang berdasarkan studi kepustakaan, sedangkan dalam menganalisis data, penulis menggunakan content analysis yaitu suatu metode yang sistematik untuk menganalisis data dan mengkaji data. Dan dalam kajian peneliti, sumber primer yang diteliti adalah kitab At-Tahliyatu Wa at-Targib Fi At-Tarbiyati Wa At-Tahdib karya Sayyid Muhammad dan kemudian dipadukan dengan sumber sekunder yang mendukung penelitian ini yaitu jurnal, artikel, kitab dan buku-buku lainnya. Hasil dari penelitian yang dilakukan, membuahkan hasil sebagai berikut: 1) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Tahliyyah adalah nilai religius, jujur, sopan santun, toleransi, musyawarah, semangat kebangsaan dan cinta tanah air, bersahabat dan komunikatif, peduli sosial, dan tanggung jawab. 2) Relevansi nilai pendidikan akhlak dalam kitab Tahliyyah dengan pendidikan Islam di Indonesia adalah menjadikan terkendalinya hawa nafsu peserta didik agar tidak melakukan akhlak yang buruk atau cenderung menuruti hawa nafsunya, mengajarkan kepada peserta didik untuk memperhatikan akhlak terhadap orang yang kedudukannya lebih tinggi dari dirinya, dan menciptakan kepekaan sosial terhadap peserta didik di lingkungan masyarakat.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 13:22 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 13:22 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9651 |
Actions (login required)
View Item |