PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI NARAPIDANA NARKOTIKA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS II A SRAGEN TAHUN 2020

, Qoni `atu Laili Martina (2020) PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI NARAPIDANA NARKOTIKA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS II A SRAGEN TAHUN 2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
QONI'ATU LAILI MARTINA 23010160241 WORD.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Martina, Qoni'atu, Laili. 2020. Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam bagi Narapidana Narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Sragen Tahun 2020. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Mufiq, M. Phil. Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Narapidana Narkotika, Lembaga Pemasyarakatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan agama Islam bagi narapidana narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Sragen Tahun 2020 serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan agama Islam bagi narapidana narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Sragen Tahun 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah pembina, tamping masjid, dan narapidana narkotika yang ada di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Sragen sebagai informan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif meliputi reduksi data, penyajian atau display data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Pelaksanaan pendidikan agama Islam bagi narapidana narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Sragen pada dasarnya sama seperti narapidana lain yaitu para narapidana dituntun dan diberikan materi yang berkenaan dengan ajaran Islam atau nilai-nilainya yang dikemas dalam berbagai macam bentuk kegiatan, di antaranya : Kegiatan TPA, Kegiatan Ta'lim (Tausiyah) sebelum Dzuhur, Kegiatan Sholat Jum'at, dan Kegiatan Bulan Ramadhan. Materi yang disampaikan dalam setiap kegiatan tersebut mengandung aspek-aspek pendidikan agama Islam, Seperti : Aqidah, Syari'ah, dan Akhlak, yang dapat berguna bagi kelangsungan kehidupan narapidana narkotika, baik selama mengikuti masa tahanan ataupun setelahnya. Namun materi yang paling ditekankan khususnya bagi para narapidana narkotika yakni mengenai Aqidah. Metode yang diterapkan adalah metode ceramah, metode penugasan, metode keteladanan, metode sorogan, dan metode kisah. Oleh karena itu, pelaksanaan pendidikan agama Islam dapat memperbaiki moral, mental, dan menambah keimanan para narapidana narkotika. 2) Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan agama Islam bagi narapidana narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Sragen meliputi : adanya kemauan dan kemampuan (dorongan dari diri sendiri), dorongan dari pembina, dorongan dari teman-teman. Sedangan faktor penghambat dalam pelaksanaan penidikan agama Islam di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Sragen, antara lain : kurangnya kepercayaan diri, kurang memahami akan pentingnya pendidikan agama Islam, pengaruh lingkungan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2020 15:13
Last Modified: 27 Oct 2020 15:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9679

Actions (login required)

View Item View Item