Ma'rufah, Rosidiana (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUCATION PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI MY BODY. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
REVISI TESIS ROSIDIANA MA'RUFAH 12020170003 fix.pdf Download (1MB) |
Abstract
Ma’rufah, Rosidiana.2020. Pengembangan Media Pembelajaran Game Education pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi My Body. Tesis. Jurusan Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Study Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Mashlihatul Umami, MA. Pengembangan media pembelajaran game education bertujuan membantu guru dalam meningkatkan penyampaian mata pelajaran Bahasa Inggris materi my body serta menarik minat siswa dalam mempelajari dan mempermuudah siswa menghafal materi. Media game education ini berisi tentang materi pengenalan anggota tubuh dasar di sertai dengan gambarnya sehingga lebih menarik minat siswa. Melalui permainan ini diharapkan mampu dimanfaatkan oleh guru sebagai media pembelajaran yang mampu mempermudah proses pembelajaran serta menarik minat siswa sehingga siswa mampu dengan mudah memahami materi yang disampaikan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). R&D smerupakan sebuah strategi atau metode penelitian yang cukup ampuh memperbaiki praktik. Sedangkan metode penelitian ini menggunakan angket, wawancara serta dokumentasi. Objek penelitian adalah untuk mengukur kesuksesan proses pembelajaran yang dibuktikan dengan hasil nilai siswa. Variabel yang digunakan sebagai tolak ukur yakni kelayakan dari produk. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya : (1) kebutuhan media pembelajaran game education merupakan media yang penting digunakan untuk mempermudah guru dalam menyambapaikan materi pembelajaran, menarik minat siswa khususnya siswa kelas 1 serta mempermudah siswa dalam menguasai materi tentang my body, (2) pengembangan media pembelajaran game education mampu di operasikan sendiri oleh siswa tidak hanya saat pembelajaran di sekolah, (3) uji efektifitas menggunakan program SPSS, menunjukkan nilai Sig. (2-tiled) p=0,000 < 0,05, yang berarti bahwasannya media game education efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran Bahasa Inggris materi my body. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Game Education Ma’rufah, Rosidiana.2020. Pengembangan Media Pembelajaran Game Education pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi My Body. Tesis. Jurusan Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Study Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Mashlihatul Umami, MA. Pengembangan media pembelajaran game education bertujuan membantu guru dalam meningkatkan penyampaian mata pelajaran Bahasa Inggris materi my body serta menarik minat siswa dalam mempelajari dan mempermuudah siswa menghafal materi. Media game education ini berisi tentang materi pengenalan anggota tubuh dasar di sertai dengan gambarnya sehingga lebih menarik minat siswa. Melalui permainan ini diharapkan mampu dimanfaatkan oleh guru sebagai media pembelajaran yang mampu mempermudah proses pembelajaran serta menarik minat siswa sehingga siswa mampu dengan mudah memahami materi yang disampaikan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). R&D smerupakan sebuah strategi atau metode penelitian yang cukup ampuh memperbaiki praktik. Sedangkan metode penelitian ini menggunakan angket, wawancara serta dokumentasi. Objek penelitian adalah untuk mengukur kesuksesan proses pembelajaran yang dibuktikan dengan hasil nilai siswa. Variabel yang digunakan sebagai tolak ukur yakni kelayakan dari produk. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya : (1) kebutuhan media pembelajaran game education merupakan media yang penting digunakan untuk mempermudah guru dalam menyambapaikan materi pembelajaran, menarik minat siswa khususnya siswa kelas 1 serta mempermudah siswa dalam menguasai materi tentang my body, (2) pengembangan media pembelajaran game education mampu di operasikan sendiri oleh siswa tidak hanya saat pembelajaran di sekolah, (3) uji efektifitas menggunakan program SPSS, menunjukkan nilai Sig. (2-tiled) p=0,000 < 0,05, yang berarti bahwasannya media game education efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran Bahasa Inggris materi my body. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Game Education
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 02 Nov 2020 09:32 |
Last Modified: | 02 Nov 2020 03:57 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9734 |
Actions (login required)
View Item |