PERAN ORANG TUA DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus) SISWA SMP KELAS VIII DI DESA LEBAK TAHUN 2020

Sa`adah, UmI (2020) PERAN ORANG TUA DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus) SISWA SMP KELAS VIII DI DESA LEBAK TAHUN 2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi PDF.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sa’Adah, Umi. 2020.Peran Orang Tua Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Pada Masa Pandemi Covid–19 (Studi KasuS) Siswa SMP Kelas VIII Di Desa Lebak Tahun 2020.Skripsi, Salatiga : Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing : Mufiq, S.Ag., M.Phil. Kata Kunci : Peran Motivasi, Belajar Matematika, Pandemi Covid–19 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran motivasi orang tua serta faktor pendukung dan penghambat peran motivasi dalam belajar matematika pada masa pandemi covid–19studi kasus siswa SMP kelas VIII di desa Lebak tahun 2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang pertama, peran motivasi sangat penting bagi siswa, terutama motivasi dari orang tua dalam belajar matematika pada masa pandemi covid–19seperti saat ini. Anak–anak akan lebih semangat belajar di rumah, meskipun banyak anak–anak yang tidak dapat memahami materi secara baik seperti saat belajar di sekolah. Peran motivasi orang tua juga dapat dilihat dari hasil belajar dan sikap siswa selama belajar. Siswa yang mendapatkan motivasi yang baik dari orang tua akan memiliki sikap yang baik dan sebaliknya. Kedua adalah faktor pendukung peran motivasi orang tua dalam belajar matematika pada masa pandemi saat ini dimanfaatkan orang tua untuk lebih dekat dengan anak dan begitu sebaliknya, sehingga orang tua dapat mengetahui karakteristik anak, pola belajar, sikap dan perilaku anak. Sedangkan faktor penghambat motivasi orang tua dalam belajar matematika pada masa pandemi covid–19 adalah tidak semua orang di rumah sehingga anak tidak dapat perhatikan lebih. Selain itu kurangnya rasa percaya diri pada anak memberikan dampak yang tidak baik bagi motivasi yang diberikan oleh orang tua.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2020 11:45
Last Modified: 02 Nov 2020 11:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9740

Actions (login required)

View Item View Item