HUBUNGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN MINAT BELAJAR SISWA MI PADA MASA PANDEMI COVID- 19 DI DESA KRINCING SECANG MAGELANG TAHUN 2020

, Elvania Rachim (2020) HUBUNGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN MINAT BELAJAR SISWA MI PADA MASA PANDEMI COVID- 19 DI DESA KRINCING SECANG MAGELANG TAHUN 2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
ELVANIA RACHIM 23040160108.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rachim, Elvania. 2020. Hubungan Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dengan Minat Belajar Siswa MI Pada Masa Pandemi Covid- 19 di desa Krincing Secang Magelang Tahun 2020. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Farikhah, M. Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pelaksanaan Pembelajaran Daring Fiqih, Minat belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pelaksanaan pembelajaran daring dengan minat belajar siswa MI pada masa pandemi covid- 19 di desa Krincing Secang Magelang tahun 2020. Yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring fiqih pada masa pandemi covid- 19 pada siswa MI di desa Krincing, Secang, Magelang tahun 2020? (2) Bagaimana minat belajar fiqih pada siswa MI pada masa pandemi covid- 19 di desa Krincing, Secang, Magelang tahun 2020? (3) Adakah hubungan pelaksanaan pembelajaran daring fiqih pada masa pandemi covid- 19 terhadap minat belajar siswa MI di desa Krincing, Secang, Magelang tahun 2020? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif dipakai untuk memahami hubungan antara variabel independen yakni pelaksanaan pembelajaran daring fiqih dengan variabel dependen yakni minat belajar siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Langkah selanjutnya melakukan analisis dengan cara: (1) Analisis pendahuluan dengan perhitungan persentase. (2) Analisis lanjutan dengan perhitungan rumus korelasi product moment dari Karl Pearson. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan pembelajaran daring fiqih pada masa pandemi covid- 19 pada siswa MI di desa Krincing Secang Magelang tahun 2020 berada dalam kategori tinggi. Terbukti 83,3% dari 30 siswa yaitu 25 siswa dalam kategori tinggi. (2) Minat belajar siswa MI di desa Krincing Secang Magelang tahun 2020 berada dalam kategori tinggi. Terbukti 93,3% dari 30 siswa yaitu 28 siswa dalam kategori tinggi. (3) Ada hubungan antara pelaksanaan pembelajaran daring fiqih dengan minat belajar siswa MI pada masa pandemi covid- 19 dengan nilai r sebesar 0,414. Jumlah sampel berjumlah 30 pada taraf signifikansi 1% bernilai 0,463. Hal tersebut menunjukkan pada taraf signifikansi 1% nilai r hitung lebih kecilr dari r tabel. Maka hipotesis penelitian ini yang menyebutkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring fiqih berhubungan dengan minat belajar siswa MI pada masa pandemi covid- 19 di desa Krincing Secang Magelang tahun 2020 diterima.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2020 20:33
Last Modified: 08 Nov 2020 20:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9815

Actions (login required)

View Item View Item