INDRININGSIH, VIVI (2020) ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER DAN KEDISIPLINAN ANAK DI LKSA\PANTI ASUHAN AL-ITTIHAD PABELAN. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
VIVI INDRIANINGSIH 23010160393 PAI.pdf Download (4MB) |
Abstract
Indrianingsih, Vivi. 2020. Analisis Pendidikan Karakter Dan Kedisiplinan Anak Di LKSA/Panti Asuhan Al-Ittihad Pabelan Kabupaten Semarang Tahun 2020. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Anggun Zuhaida, M. Pd. Kata Kunci: Pendidikan Karakter Dan Kedisiplinan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter dan kedisiplinan yang ada di Panti Asuhan Al-Ittihad Pabelan, bagaimana dukungan dari pengasuh dan pengurus dalam pelaksanaan pendidikan karakter dan kedisiplinan dan untuk mengetahui hambatan dan solusi yang terjadi di Panti Asuhan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian yang datanya diperoleh berbentuk kata-kata dan gambar, sehingga tidak menekankan pada angka, data yang diperoleh melalui wawancara dengan pengurus Panti Asuhan, catatan lapangan, foto, dokumen pribadi dan angket dari pernyataan oleh anak Panti. Metode ini digunakan dengan tujuan untuk mengambarkan secara naratif dari kegiatan yang dilakukan. Hasil penelitian ditunjukan bahwa: Pelaksaan Pendidikan Karakter di Panti Asuhan diamati berdasarkan 18 indikator menurut (Listyarti, 2012:5-8) yaitu: Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komunikatif, Cinta Damai, Gemar Membaca, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung Jawab. Sedangkan dominan yang paling tinggi di tunjukan pada karakter “Cinta Tanah Air”, dominan sedang ditunjukan pada “Religius Jujur Dan Disiplin”, dominan rendah “Gemar Membaca”. Pendidikan kedisiplinan di Panti Asuhan diamati berdasarkan 6 indikator menurut (Tulus, 2004:38) yaitu: Menata Kehidupan Bersama, Membangun Kepribadian, Melatih Kepribadian, Pemaksaan, Hukuman, Menciptakan Lingkungan Yang Kondusif. Dominan yang paling tinggi di tunjukan pada bagian “Menciptakan Lingkungan Yang Kondusif”, dominan rendah pada “Membangun Kepribadian”. Adapun faktor dukungan yang mempengaruhi pendidikan karakter dan kedisiplinan yang ada di Panti, pengasuh dan pengurus mengunakan sistem pondok pesantren dengan hal itu anak-anak Panti Asuhan dapat menambah ketaqwaan kepada Allah SWT. Faktor penghambat dari pengasuh dan pengurus adalah kurangnya pengetahuan dari anak-anak Panti. Adapun solusi dari pengasuh maupun pengurus dalam menangapi hal tersebut adalah mengajarkan anak lebih disiplin.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Agama > Keislaman |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 10 Nov 2020 08:54 |
Last Modified: | 10 Nov 2020 08:54 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9861 |
Actions (login required)
View Item |