Setyoningsih, Ratih (2020) STRATEGI KOMUNIKASI ANGGOTA KOMUNITAS @SRAGEN HITS DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL MASYARAKAT SRAGEN TAHUN 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Full text not available from this repository.Abstract
Setyoningsih, Ratih. 2020. Strategi Komunikasi Anggota Komunitas @Sragen_Hits Terhadap Kepedulian Sosial Masyarakat Sragen Tahun 2018-2019. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Sri Suparwi, M.A Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Komunitas, Kepedulian Sosial Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: Untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi anggota komunitas @Sragen_Hits terhadap kepedulian sosial masyarakat Sragen. Untuk mengetahui bagaimana bentuk pengimplementasian kepedulian sosial komunitas @Sragen_Hits terhadap masyarakat Sragen Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dasar terkait komunikasi yaitu teori Herold Lasswell yang menyatakan bahwa cara terbaik untuk menerangkan kegiatan komunikasi atau cara menggambarkan dengan tepat sebuah tindak komunikasi ialah menjawab pertanyaan “ Who Says What In Which Channel To Whom With What Effect? (siapa mengatakan apa dengan cara apa kepada siapa dengan efek bagaimana)”. Selain itu penelitian ini juga sejalan dengan strategi komunikasi menurut Onong Uchyana Effendi yakni 4 langkah meliputi mengenali sasaran komunikasi, pemilihan media komunikasi, pengkajian tujuan pesan komunikasi dan peran komunikator dalam komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yakni dengan wawancara, observasi dan dokumentasi kegiatan komunitas @Sragen_Hits. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh komunitas @Sragen_Hits dalam meningkatkan kepedulian sosial yakni dengan mengenali sasaran komunikasi dengan cara datang langsung mencari tahu dan melihat bagaimana kondisi kehidupannya agar bisa dibantu sesuai kebutuhan yang diperlukan. Pemilihan media komunikasi sangat diperlukan untuk mengenalkan dan menginformasikan kegiatan @Sragen_Hits kepada masyarakat tujuannya bukan untuk pamer, namun biar orang lain tahu dan tergerak hatinya untuk ikut membantu. Pengkajian tujuan pesan komunikasi, dalam penyampaian pesan komunikasi harus dengan bahasa yang sopan dan terarah agar bisa tersampaikan dengan baik. Serta peran komunikator dalam komunikasi dalam berinteraksi. Bentuk pengimplementasian kepedulian sosial komunitas @Sragen_Hits yakni dengan cara bergerak langsung membantu masyarakat Sragen, dengan berbagai kegiatan sosial
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Kebudayaan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 10 Nov 2020 14:00 |
Last Modified: | 10 Nov 2020 14:00 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9884 |
Actions (login required)
View Item |