Implementasi Pembelajaran Daring Pada Guru IPS MI Negeri 4 Sukoharjo Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2020/2021

, Trisnawati Khusnul Qotimah (2020) Implementasi Pembelajaran Daring Pada Guru IPS MI Negeri 4 Sukoharjo Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi Trisnawati Khusnul Qotimah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Qotimah, Trisnawati Khusnul. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring pada Guru IPS MI Negeri 4 Sukoharjo Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Sutrisna, S.Ag. M.Pd. Kata Kunci: Implementasi; Pembelajaran Daring. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pembelajaran Daring pada Guru IPS MI Negeri 4 Sukoharjo Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2020/2021. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi Pembelajaran Daring pada Guru IPS MI Negeri 4 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, hasil data dianalisis dengan menggunakan model Matthew dan Michael, dari reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pembelajaran daring pada Guru IPS MI Negeri 4 Sukoharjo Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2020/2021, sebagai berikut: Selama pandemi dari kelas IV sampai dengan kelas VI pembelajaran tetap berjalan. Pelajaran IPS pada MI Negeri 4 Sukoharjo tetap ada dan pembelajaran daring yakni dengan menggunakan aplikasi WhatsApps secara online. Bapak/ Ibu guru dalam memberi pembelajaran kepada anak-anak secara online melalui WA. Pelaksanaan pembelajaran secara daring di masa pandemi melalui keputusan pemerintah. Pelaksanaan pembelajaran daring Bapak Ibu guru memakai karakteristik yakni dalam penjelasannya melalui teks. Model yang digunakan Bapak/Ibu guru dalam pembelajaran daring adalah Penugasan menggunakan PPT. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembelajaran daring pada Guru IPS MI Negeri 4 Sukoharjo Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2020/2021, sebagai berikut: Faktor teknis pendukung dalam pembelajaran daring adalah HP. Faktor non teknis pendukung dalam pembelajaran daring adalah dorongan orang tua. Hambatan faktor teknis yang dialami Bapak/Ibu guru dalam proses pembelajaran daring adalah kurang canggihnya HP yang dimiliki orang tua. Hambatan faktor non teknis yang dialami Bapak/Ibu guru dalam proses pembelajaran daring adalah kurang tanggung jawabnya anak dalam mengumpulkan tugas dan sinyal kurang bagus.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2020 12:27
Last Modified: 13 Nov 2020 12:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9949

Actions (login required)

View Item View Item