Saidiyyah, Labibatus (2020) IMPLEMENTASI PUNISHMENT AND REWARD UNTUK KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MI MA'ARIF GLOBAL BLOTONGAN SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]
Text
skripsi labibatus_23040160209 fixz.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Labibatus, Sa’diyyah. 2020. Implementasi Punishment and Reward untuk Kedisiplinan Peserta Didik di MI Ma’arif Global Blotongan Salatiga tahun pelajaran 2019/2020 Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Lilik Sriyanti, M. Si., Kata kunci: Punishment dan Reward, Kedisiplinan Penelitian ini membahas tentang implementasi punishment and reward untuk kedisiplinan peserta didik di MI Ma’arif Global Blotongan Salatiga. Fokus penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana penerapan punishment and reward untuk kedisiplinan peserta didik. 2) Bagaimana kekurangan dan kelebihan implementasi punishmant and reward untuk kedisiplinan peserta didik. 3) Bagaimana hasil implementasi punishment and reward untuk kedisiplinan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, data ini diperoleh dari para informan yaitu kepala sekolah, dewan guru dan peserta didik. Analisa data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: 1) Penerapan punishment berupa: teguran, Hafalan, pemberian tugas dan membersihkan lingkungan sekolah, pemanggilan orang tua ke sekolah. Penerapan reward berupa : pujian dan nilai tambahan dari guru, hadiah, penghargaan, Pemberian reward berupa gambar jempol atau bintang. 2) Kelebihan: Peserta didik menjadi termotivasi dan lebih menaati tata tertib, peserta didik akan berlomba – lomba dalam melakukan kebaikan, peserta didik akan lebih berhati-hati dalam bertindak, peserta didik dapat meningkatkan semangat belajarnya, pemberian punishment akan memberikan efek jera pada siswa. Kekurangan: Peserta didik yang memiliki keterbatasan sulit untuk mengejar, peserta didik yang mendapat reward merasa sombong cepat merasa puas, peserta didik merasa minder. 3) Hasil implementasi: Perilaku anak menjadi lebih baik, perhatian terhadap pembelajaran meningkat, meningkatnya kedisiplinan peserta didik, meningkatnya nilai akademik peserta didik.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Nov 2020 16:13 |
Last Modified: | 13 Nov 2020 09:21 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9954 |
Actions (login required)
View Item |