IMPLEMENTASI HIDDEN CURRICULUM DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA NURUL ISLAM TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/ 2021

Rahmadhania, Sita (2020) IMPLEMENTASI HIDDEN CURRICULUM DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA NURUL ISLAM TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/ 2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI SITA RAHMADHANIA NIM 23010160071 PAI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Rahmadhania, Sita. 2020. Implementasi Hidden Curriculum Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MA Nurul Islam Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2020/ 2021. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Fatchurrohman, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Hidden Curriculum, Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian skripsi ini adalah: (1) mengetahui bentuk hidden curriculum di MA Nurul Islam Tengaran, (2) mengetahui implementasi hidden curriculum dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MA Nurul Islam Tengaran, (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi hidden curriculum dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MA Nurul Islam Tengaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian bersifat deskriptif. Sumber data yang diperoleh berasal dari sumber data primer berasal dari pengamatan dan wawancara kepada kepala madrasah, waka kurikulum, guru PAI, wali kelas, dan siswa-siswa MA Nurul Islam Tengaran. Sumber data lainnya diperoleh dari sumber data sekunder yang berasal dari observasi dan dokumentasi berupa buku-buku yang terkait dengan implementasi hidden curriculum, arsip-arsip, foto/ dokumen, catatan, dan laporan MA Nurul Islam Tengaran. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk hidden curriculum yang telah dilaksanakan di MA Nurul Islam Tengaran lebih kepada pembiasaan ibadah, seperti do’a untuk mengawali dan mengakhiri pembelajaran, tadarus surat-surat pendek Al-Qur’an, sholat dhuha, sholat dhuhur berjama’ah, infak jum’at, mushafahah, muhadatsah, mentoring, jelajah ramadhan, perayaan hari besar Islam, dan kebersihan kelas. Implementasi hidden curriculum dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada dasarnya sudah direncanakan dan terlaksana dengan baik dalam membentuk karakter siswa, karakter utama yang terbentuk adalah religiusitas, kedisiplinan, dan peduli lingkungan. Adapun faktor pendukung dalam implementasi hidden curriculum dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di MA Nurul Islam Tengaran ini yaitu adanya sistem boarding school, kerjasama antar guru, kesadaran akan kewajiban peserta didik, dan sarana dan prasarana yang cukup memadai. Adapun faktor yang menjadi penghambat yaitu latar belakang siswa yang beragam, kurangnya pemahaman guru terkait fungsi hidden curriculum, dan keterbatasan dana

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2020 11:01
Last Modified: 16 Nov 2020 04:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9974

Actions (login required)

View Item View Item